PREVIEW Liga Primer Inggris: Liverpool – Middlesbrough

Tekanan besar menghampiri pundak Liverpool jelang laga kontra Middlesbrough, tapi justru itulah yang jadi tolok ukur kelayakan The Reds ke UCL.


OLEH    YUDHA DANUJATMIKA     Ikuti di twitter


Liverpool akan menghadapi laga hidup dan mati ketika Middlesbrough berkunjung ke Anfield, Minggu (21/5) malam WIB. Momen ini memang tak berpengaruh bagi The Boro, tapi harapan yang diusung Klopp bisa sirna dalam sekejap jika gagal meraih poin penuh.

Jelang pekan final, The Reds duduk di peringkat empat klasemen sementara Liga Primer Inggris. Adapun posisi mereka masih belum aman. Arsenal mengekor di belakang hanya dengan selisih satu poin dan sedang berada dalam kondisi terbaik – empat kemenangan dalam empat laga terakhir.

SIMAK JUGA – Bale Sarankan Madrid Gaet Woodburn

Tekanan besar tentu menghampiri pundak Liverpool karena sudah tiga tahun terakhir mereka tidak bersaing di empat besar. Banyak pihak yang menyebut laga kali ini seperti final, tapi tidak dengan Klopp. Sang manajer justru mendinginkan suasana agar tak terlalu membebani The Reds.

“Saya tidak merasa kami butuh deskripsi yang berbeda untuk pertandingan ini. Seperti ‘ini adalah final piala’ atau ‘final Piala Dunia’ atau ‘ini adalah pertandingan paling penting berapa tahun dan bagaimana pun,” ungkapnya.

Daniel Sturridge Liverpool Premier League

“Ini adalah pertandingan sepakbola. Jika kami benar-benar menuntut diri kami untuk menang di setiap pertandingan, apa bedanya? Kami selalu memiliki tekanan seperti ini. Itulah yang kami inginkan, untuk memenangkan laga. Kami harus melakukan hal yang tepat.”

“Kami harus bertahan dengan baik, kami harus memiliki organisasi yang baik, kami harus menciptakan peluang, dan kami harus mencetak gol. Jadi bedanya tidak terlalu besar dan saya tak berpikir bahwa setiap orang butuh motivasi spesial seperti ini. Pada akhirnya, kami hanya perlu bermain sepakbola dan saya sangat senang saya punya tim yang mampu melakukan ini,” tandasnya.

SIMAK JUGA – Klopp: Pemain INgin Datang Ke Liverpool

Roberto Firmino masih belum pulih sepenuhnya dalam laga ini sehingga Daniel Sturridge bisa saja mendapat kesempatan lagi. Striker Inggris itu menunjukkan tajinya pekan lalu dengan mencetak gol pembuka dalam kemenangan 4-0 atas West Ham United. Bersama Divock Origi dan Philippe Coutinho, lini depan The Reds tak kalah tajam dengan kehadiran Firmino.

Di sudut sebaliknya, Middlesbrough dipastikan terdegradasi dan hanya mengantongi empat poin dalam lima laga terkini. Rekor buruk tersebut harus dimanfaatkan oleh Coutinho dkk. Hanya saja, The Boro tentu tak ingin menutup musim dengan sangat buruk. Satu poin untuk mengganjal Liverpool saja kiranya bisa diincar oleh klub asal North Yorkshire itu.

PERKIRAAN FORMASI

Liverpool (4-3-3): Mignolet, Clyne, Lovren, Matip, Milner, Can, Wijnaldum, Lallana, Coutinho, Sturridge, Origi

Middlesbrough (4-5-1): Guzan, Fabio, Chambers, Gibson, Friend, De Roon, Clayton, Leadbitter, Traore, Downing, Bamford

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Liverpool 1-1 Middlesbrough

TAHUKAH ANDA?

  • Liverpool tak terkalahkan lawan Middlesbrough dalam 21 laga liga terakhir di Anfield (M15, S6). Hanya melawan Stoke (32), Nottingham Forest (23) dan Notts County (22) mereka meraih poin lebih banyak.
  • Middlesbrough adalah satu dari tiga tim yang mengunjungi Anfield lebih dari sepuluh kali di Liga Primer yang tak pernah meraih tiga poin (Sunderland – 16, Middlesbrough – 14, dan Bolton – 13)
  • The Reds memenangkan empat laga Liga Primer terakhir melawan Middlesbrough di Anfield, mencetak lebih dari dua gol di setiap laganya.
  • Liverpool telah memenangkan delapan dari sepuluh laga terakhir Liga Primer di Anfield (Seri 2), mencetak 27 gol.
  • Sebagai bandingan, Boro kalah lima kali dalam enam laga tandang di penutupan Liga Primer (S1), walau mereka mencetak kemenangan di Merseyside sebelumnya pada musim 1999/00, menang 2-0 atas Everton.
  • Jika menang, Liverpool akan finis di empat besar Liga Primer untuk kedua kalinya dalam delapan musim terakhir.