PREVIEW Liga Primer Inggris: Arsenal – Manchester United

Manchester United akan mengistirahatkan beberapa pemain penting demi Liga Europa, ini akan jadi momentum bagus bagi Arsenal untuk meraup kemenangan.


OLEH   ANUGERAH PAMUJI     Ikuti di twitter


 

Kemenangan atas Manchester United menjadi harga mati bagi Arsenal demi mewujudkan misi berat: finis di spot Liga Champions atau posisi empat besar. Lebih dari itu, manajer Arsene Wenger juga bertekad menyudahi sejarah kelam dia ketika berhadapan dengan Jose Mouriho, di mana pria Prancis itu tak pernah sekali pun bisa meraih kemenangan.

Setidaknya, dengan bermain di Emirats, Wenger akan berharap para suporter memberikan dukungan terbaiknya bagi para pemain demi meningkatkan moril mereka di sisa musim.

The Proffesor menyadari betul, laga kontra The Red Devils bukan laga sembarangan. Namun, menurutnya, The Gunners dalam posisi tak punya pilihan selain memenangkan tripoin di pertandingan ini.

“Masalah sebelumnya [di derby London Utara] sangat jelas, seandainya kami memenangkan seluruh laga [sisa] kami, kami punya peluang bagus berada di empat besar. Sekarang, memenangkan pertandingan ini saja tidak menjamin kami akan target itu. Tapi itulah yang harus kami gapai,” tukas Wenger kepada jurnalis.

“Manchester United adalah klub yang sangat besar dan kami punya rivalitas yang hebat selama bertahun-tahun. Yang terpenting adalah kami memiliki kans untuk mencapai target kami. Kami tak punya pilihan, kami harus mengalahkan mereka.” 

SIMAK JUGA – Jose Mourinho: Saya Puas Dengan Performa, Bukan Hasil

Klub London Utara memang punya peluang bagus untuk menyungkurkan United di Emirates. Pasalnya, Mourinho kemungkinan besar bakal membuat perubahan besar di skuat utamanya, demi menjaga kebugaran beberapa pemain pentingnya yang akan bertanding di semi-final leg keda Liga Europa kontra Celta Vigo.

Mourinho pernah menyampaikan, dirinya lebih senang merebut tiket ke Liga Champions dengan jalur juara Liga Europa ketimbang bertaruh empat besar di Liga Primer Inggris.

Sejak April hingga hari ini — dengan asumsi menghitung laga kontra Arsenal — berarti United sudah memainkan sepuluh pertandingan dalam empat setengah pekan. Menurut Mourinho, rotasi pemain sangat dibutuhkan.

“Para pemain yang berada dalam akumulasi, para pemain yang banyak memiliki menit bermain karena kami tampil di sembilan pertandingan pada April, dan laga ini [kontra Arsenal] berarti genap sepuluh pertandingan dalam empat setengah pekan,” ujar Mourinho.

“Para pemain yang berada dalam akumulasi ini, mereka tidak akan tampil pada laga akhir pekan ini.”

Di perjumpaan kedua musim lalu, United menelan kekalahan 3-0 di Emirates. Akan tetapi, itu merupakan satu-satunya kekalahan Setan Merah di tangan Asrenal dalam 11 bentrokan terakhir. Secara total, ini merupakan pertemuan ke-50 bagi keduanya dengan Arsenal berhasil memenangkan 12 laga, United meraih hasil positif 22 kali dan keduanya bermain imbang dalam 15 kesempatan.

Granit Xhaka mengalami cedera pada betisnya saat bermain pekan lalu dan kans dia tampil di laga ini terbilang tipis, sebagaimana yang dituturkan Wenger. Namun, Shkodran Mustafi dan David Ospina kembali berlatih setelah masing-masing dirundung cedera paha dan punggung.

Sementara, United akan kehilangan sosok-sosok seperti Ashley young, yang dipaksa keluar lapangan karena cedera otot saat bentrok dengan Celta Vigo; Marouane Fellaini menjalani skorsing laga; serta Luke Shaw, Timothy Fosu-Mensah, Marcos Rojo dan Zlatan Ibrahimovic ketiganya dibebat cedera.

Marcus Rashford juga sepertinya akan diistirahatkan di laga kali ini mengingat ketika tampil di Spanyol sempat mengalami kesakitan pada kakinya sebelum digantikan.

Prakiraan Formasi

Arsenal [3-4-2-1]: Cech; Paulista, Koscielny, Mustafi; Chamerblain, Ramsey, Coquelin, Monreal; Sanchez, Ozil; Giroud

Manchester United [4-2-3-1]: Gea; Darmian, Smalling, Jones, Bind; Carrick, Pogba; Mata, Mkhitaryan, Martial; Rooney

Data & Fakta

  • Arsenal mengalami enam kekalahan di liga pada 2017, sebanyak yang mereka dapatkan sepanjang hitungan kalender 2016!
  • Kali terakhir Arsenal dan Manchester United mengakhiri musim di luar empat besar terjadi pada 1978/79, ketika masing-masing-masing finis di posisi ketujuh dan sembilan.
  • Arsene Wenger hanya sekali menang dalam 16 pertarungan menghadapi Jose Mourinho. Kemenangan itu terjadi pada ajang Community Shield 2015.
  • Ini merupakan laga ke-58 Wenger menghadapi United sebagai manajer Arsenal. The Red Devils adalah tim yang paling sering dilawan pria Prancis ini sepanjang kariernya.
  • The Red Devils tak terkalahkan dalam 25 pertandingan liga — sebuah rekor klub dalam satu musim — akan tetapi meraih 12 hasil imbang di antaranya.
  • United memenangkan empat laga terakhir Liga Primer yang datang setelah pertandingan Liga Europa.
  • Jose Mourinho tak pernah kalah menghadapi Arsenal, memenangkan lima laga dan imbang tujuh kali dalam 12 perjumpaan sebelumnya dengan The Gunners.

Prediksi Goal Indonesia: Arsenal 1-2 Manchester United