PREVIEW Liga Europa: Celta Vigo – Manchester United

Jose Mourinho menegaskan akan mengerahkan segalanya di pertandingan ini, sementara Vigo berniat menghadirkan kejutan.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Manchester United hanya berjarak dua pertandingan untuk melaju ke final Liga Europa musim ini, namun sebelum itu mereka harus bergulat melawan Celta Vigo yang akan menjadi penjamu untuk leg pertama babak semi-final, Jumat (5/5) dini hari WIB.

Pertandingan yang menurut rencana digelar di Balaidos ini akan menjadi pertemuan pertama bagi kedua tim di panggung Eropa, dengan United dan Vigo sama-sama sukses mencapai babak empat besar Liga Europa untuk kali pertama dalam sejarahnya.

Jelang pertandingan ini, manajer United Jose Mourinho dipusingkan dengan permasalahan cedera yang menimpa timnya. Meski begitu, ia secara perlahan mulai mendapati pemainnya kembali dengan Phil Jones, Chris Smalling serta Eric Bailly dikonfirmasi fit untuk duel nanti.

Mourinho mengatakan: “Bagi saya, laga berikutnya selalu penting. Kita akan turun dengan segala yang kita miliki; tentunya sebelum ini saya sempat bercanda bahwa saya giat berlatih [demi bermain], namun sekarang tidak penting siapa yang akan tampil. Mereka akan mengerahkan segalanya, jadi saya selalu percaya mereka.

SIMAK JUGA – Jose Mourinho: Liga Europa Prioritas Kami

“Kita akan mengerahkan segenap kemampuan. Ketika Anda telah mengerahkan segalanya, Anda tidak bisa melakukan hal yang lebih lagi, jadi pastinya kami akan mengerahkan semuanya.

“Dengan satu hari lebih banyak untuk beristirahat ketimbang sebelumnya, kami sekarang punya satu hari ekstra. Ini sedikit lebih manusiawi, jika Anda bisa bilang begitu, namun pastinya kami akan turun dengan mengerahkan segalanya.

“Tak peduli hasil atau apakah kami bisa lolos ke final atau tidak, yang membuat saya sangat senang adalah kepribadian dan karakter pemain saya.”

Sementara itu, Vigo arahan pelatih Eduardo Berizzo menjelang laga ini dengan kondisi kurang ‘menyenangkan’, itu karena mereka menelan kekalahan dari tiga laga terakhirnya di ajang La Liga, yang kemudian membuat mereka terlempar dari 10 besar.

Meski begitu, penyerang Vigo John Guidetti berharap bisa memberi kejutan kepada United, dengan ia mengaku ingin membirukan kota untuk perjumpaan nanti.

Ia mengatakan: “Mereka [United] tim yang sangat bagus. Mereka memiliki manajer bagus, stadion fantastis, dan mereka salah satu favorit memenangkan Liga Europa,” kata Guidetti, yang pernah memperkuat Manchester City selama empat tahun, kepada laman resmi UEFA.

“Tapi seperti yang mereka katakan, ‘Manchester adalah biru’ dan itulah yang akan terjadi ketika kami mengunjungi mereka, karena kami adalah Celta Vigo dan kami akan berusaha membuat kota itu biru,” imbuhnya.

Prakiraan Pemain

Celta Vigo: Alvarez; Mallo, Fontas, Cabral, Jonny; Hernandez, Radoja; Aspas, Wass, Sisto; Guidetti.

Manchester United: De Gea; Valencia, Bailly, Jones, Darmian; Fellaini, Herrera, Pogba; Mkhitaryan, Rashford, Martial.

TAHUKAH ANDA?

Ini akan menjadi pertemuan pertama bagi kedua kubu di pentas Eropa.

Manchester United sebelumnya tidak pernah mencapai babak semi-final Piala UEFA/Liga Europa; dan ini merupakan satu-satunya trofi mayor yang belum pernah mereka menangi.

Ini juga menjadi kiprah perdana Celta Vigo di babak semi-final Piala UEFA/Liga Europa; sebelumnya mereka tereliminasi sebanyak tiga kali di babak perempat-final.

Vigo tidak terkalahkan dalam lima laga terakhirnya di Liga Europa (M4 I1), sementara United tidak terkalahkan dalam delapan laganya {M6 I2).

Di babak sistem gugur kejuaraan Eropa, United gagal menang di enam pertandingan terakhirnya melawan wakil Spanyol (I1 K5).

Sementara Celta kalah di tiga pertemuan terakhir melawan wakil Inggris; dengan kemenangan terakhir mereka atas klub Inggris tercipta pada 2000 ketika bertemu Aston Villa.

Celta mencatatkan rekor delapan gol dari luar kotak penalti musim ini; dua lebih banyak ketimbang tim lain, dan ini merupakan 42 persen dari total gol mereka, yang juga merupakan rasio tertinggi untuk klub klub manapun.

Iago Aspas terlibat dalam tiga gol di empat laga kandang terakhir Celta di Liga Europa (2 gol, 1 assist).

Henrikh Mkhitaryan mengemas gol di lima dari enam penampilan terakhirnya di Liga Europa untuk United.

Sergio Romero (United) memiliki rasio penyelamatan terbaik di Liga Europa musim ini; dengan ia membukukan 88 persen penyelamatan atas tendangan yang ia hadapi (+10 penyelamatan).