PREVIEW La Liga Spanyol: Barcelona – Eibar

Bagaimanapun kemenangan wajib diraih Barcelona atas Eibar, untuk menjaga asa kecil pertahankan gelar La Liga Spanyol.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Barcelona bakal menjamu Eibar di Camp Nou, pada jornada pamungkas La Liga Spanyol, Senin (22/5) dini hari WIB.

Pertandingan yang mungkin ringan untuk Barca, tapi sangat krusial artinya. Inilah laga penentu apakah Blaugrana sanggup mempertahankan gelar La Liga untuk musim ketiga beruntun.

Barca akan juara jika sanggup mengalahkan Eibar, sementara rival abadi sekaligus utamanya di klasemen, Real Madrid, kalah dari Malaga di waktu bersamaan. Skenario yang harus diakui sangat kecil kemungkinannya.

Namun untuk menjaga segala asa, Barca tentu saja tak boleh punya target lain selain kemenangan atas Eibar. Sekalipun akhirnya gagal amankan gelar La Liga, raihan tiga angka bakal jadi duel penutupan yang bagus untuk Camp Nou dan persiapan yang baik jelang final Copa del Rey.

Patut diingat pula bahwa partai ini juga jadi momen perpisahan sang pelatih, Luis Enrique, pada publik Camp Nou yang lepas jabatan setelah musim ini berakhir.

Enrique wajib berikan perpisahan yang manis untuk publik Camp Nou

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Barcelona Kontra Eibar

“Ini akan menjadi pertandingan spesial untuk saya, pertandingan terakhir di mana saya melatih Barca. Jarak antara kegagalan dan kesuksesan [raih gelar La Liga] memang sangat tipis. Kami tidak berada dalam level di mana kami bisa mengatasi semua. Tapi kami akan tetap berjuang sampai akhir,” ujar Enrique jelang laga, seperti dikutip Marca.

Kekuatan penuh siap diturunkan Barca untuk ladeni Eibar. Skema andalan 4-3-3 bakal diterapkan dengan komposisi terbaik, menilik tak ada pilar Azulgrana yang harus absen karena cedera atau skorsing.

Mentalitas Barca juga akan semakin baik, menilik rekor pertemuan kontra Eibar yang sempurna. Sejak sang lawan promosi di musim 2014/15, Los Cules selalu menang di lima pertemuan yang terjadi dengan lesatan 16 gol dan cuma kebobolan sekali.

Meski begitu EIbar juga tak patut dianggap remeh. Tim asuhan Jose Luis Mendilibar tersebut sedang menjalani musim terbaik sepanjang sejarah kompetisi, dengan dipastikan finish di sepuluh besar klasemen musim ini. Rekor tandang mereka pun cukup baik lewat lima kemenangan dan enam hasil imbang, dari 18 lawatan.

Barca diprediksi akan menjalani perlawanan yang ketat di awal laga dari Eibar. Namun jika sukses mencetak gol lebih dahulu, Lionel Messi cs akan menjalani sisa laga dengan mudah guna jaga asa jadi kampiun La Liga.

Prakiraan Formasi:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar.

Eibar (4-4-2): Riesgo; Capa, Lejeune, Ramis, Junca; Leon, Escalante, Garcia, Inu; Enrich, Kike.

Prediksi Goal Indonesia: Barcelona 3-1 Eibar

TAHUKAH ANDA

  • Barca selalu memenangkan lima pertemuan hadapi Eibar di La Liga. Mereka mencetak 16 gol dan cuma kebobolan sekali.

  • Barca tengah dalam rentetan 11 kemenangan kandang beruntun. Rekor terbaik mereka terjadi pada Mei 2013, dengan 15 kemenangan kandang beruntun.

  • Barca tengah dalam rentetan enam kemenangan beruntun di La Liga. Rekor terbaik mereka di La Liga musim ini.

  • Barca sudah torehkan 112 gol di La Liga musim ini. Tiga gol lagi, mereka bakal samai rekor tertingginya yang terjadi pada musim 2012/13, lewat lesatan 115 gol.

  • Eibar sukses mengoleksi 54 poin hingga jornada 37 La Liga musim ini. Pencapaian itu jadi yang terbaik sepanjang sejarah klub, di kompetisi sepakbola kasta tertinggi Spanyol tersebut.

  • Barca akan juara La Liga jika menang atas Eibar, sementara rvalnya, Real Madrid, kalah dari Malaga.