PREVIEW La Liga Spanyol: Atletico Madrid – Athletic Bilbao

Atletico Madrid pastinya ingin melakukan perpisahan yang cantik di Vicente Calderon dengan kemenangan lawan Athletic Bilbao.


OLEH    HAPPY SUSANTO     Ikuti di twitter


Atletico Madrid akan memainkan pertandingan terakhir di La Liga Spanyol musim ini dengan menjamu Athletic Bilbao di Vicente Calderon, Minggu (21/5) malam WIB.

Pertandingan ini tidak berpengaruh terhadap hasil Los Rojiblancos karena mereka sudah dipastikan finis di posisi tiga besar. Namun, klub besutan Diego Simeone itu ingin melakukan perpisahan yang cantik di stadion kebanggaan mereka, Vicente Calderon, yang sudah dihuni selama 50 tahun. 

Sementara itu, Athletic masih membutuhkan kemenangan untuk bisa memastikan diri finis di papan Liga Europa. Klub besutan Ernesto Valverde itu kini ada di peringkat keenam dengan tertinggal satu poin dengan Villarreal di atasnya dan memiliki angka yang sama dengan Real Sociedad di bawahnya.

Atletico hanya meraih hasil imbang 1-1 saat bertandang ke markas Real Betis pada pekan lalu, setelah tersingkir di semi-final Liga Champions di tangan Real Madrid. Meksi begitu, motivasi mereka akan meningkat di laga terakhir mereka di La Liga musim ini sekaligus perpisahan buat Calderon.

Athletic mengalami setback dalam dua pertandingan terakhir, namun mereka beruntung tidak kehilangan tepat di klasemen karena dua pesaing lainnya, Sociedad dan Villarreal, juga gagal menang. Di paruh pertama musim ini, mereka terlihat tampil buruk, namun bisa bangkit di pengujung kompetisi. Mereka mampu meraih tiga kemenangan dalam lima pertandingan tandang terakhir.

Di pertemuan pertama pada musim ini, kedua tim hanya bermain imbang 2-2. Namun, di atas kertas, Atletico lebih dominan atas sang rival, apalagi Athletic tidak pernah menang sejak 2013.

Prakiraan Susunan Pemain:

Atletico Madrid Starting XI (4-4-2): Oblak; Hernandez, Saul Niguez, Savic, Thomas; Carrasco, Gabi, Tiago, Koke; Griezmann, Gameiro.

Athletic Bilbao Starting XI (4-2-3-1): Kepa; De Marcos, Alvarez, Laporte, Balenziaga; Benat, San Jose; Muniain, Raul Garcia, Susaeta; Adruiz.

Tahukah Anda?

  • Atletico finis di posisi tiga besar La Liga dalam lima musim secara berturut-turut untuk pertama kalinya dalam sejarah.
  • Atletico akan memainkan pertandingan terakhir mereka di Vicente Calderon setelah 50 tahun sejak laga pertama di sana (1-1 lawan Valencia pada 1966, ketika Luis Aragones mencetak gol pertama).
  • Athletic akan bermain di Liga Europa musim depan jika menang di Vicente Calderon. Jika tidak, mereka akan membutuhkan poin yang sama karena Real Sociedad juga berpeluang bermain di Eropa pada musim mendatang.
  • Atletico memenangi lebih banyak pertandingan di La Liga lawan Athletic di Vicente Calderon ketimbang lawan tim lain di kompetisi ini (32, sama dengan Real Sociedad).
  • Athletic tidak menang dalam lima pertandingan tandang mereka di La Liga lawan Atletico, gagal mencetak gol tiga dari empat laga terakhir (D1 L4).
  • Atletico akan menjadi tim dengan paling sedikit kebobolan di La Liga musim ini (26). Mereka mencapai rekor ini tiga kali dalam empat musim terakhir (31 pada 2012/13, 26 pada 2013/14, dan 18 pada 2015/16).
  • Antoine Griezmann mencetak delapan gol lawan Athletic di La Liga, tim favoritnya di kompetisi ini.
  • Atitz Aduriz lebih banyak bermain tanpa mencetak gol lawan Atletico ketimbang lawan tim lain di La Liga sejak bergabung ke Athletic (10).
  • Diego Simeone memenangi sepuluh dari 13 pertandingan sebagai pelatih lawan Athletic di semua kompetisi (D2 L1), termasuk trofi pertamanya untuk Atletico (3-0 di final Liga Europa 2012 di Bucharest).
  • Ernesto Valverde (101) membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menyamai Javier Clemente (102) sebagai pelatih Athletic dengan paling banyak kemenangan dalam sejarah La Liga.

Prediksi Redaksi Goal Indonesia: Athletico Madrid 2-1 Athletic Bilbao