PREVIEW DFB-Pokal Jerman: Eintracht Frankfurt – Borussia Dortmund

Borussia Dortmund jadi favorit, tapi Eintrach Frankfurt punya potensi cukup besar untuk raih trofi DFB-Pokal Jerman kelimanya.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Final DFB-Pokal Jerman bakal menyajikan Eintracht Frankfurt kontra Borussia Dortmund di Olympiastadion Berlin, Minggu (28/5) dini hari WIB.

Jika ini jadi final keempat Dortmund secara beruntun, Frankfurt untuk kali pertama berhasil melenggang ke partai puncak setelah terakhir di musim 2005/06 silam. Plus kualitas permain dan performa di Bundesliga Jerman, Die Borussen layak jadi favorit menangkan trofi.

Namun Frankfurt yang musim ini mengkhiri Bundesliga di peringkat ke-11 sejatinya tak perlu minder. Berdasar sejarah DFB-Pokal, mereka (4 kali) punya jumlah koleksi gelar lebih banyak ketimbang Dortmund (3 kali).

Rekor pertemuan Frankfurt dengan Dortmund pun tak buruk. Dari lima bentrok terakhir Die Adler memang kalah tiga kali, tapi mampu menang dua kali. Karenanya tak heran bila pelatihnya, Niko Kovac, percaya diri tatap partai besar ini.

“Jika melihat skuat Dortmund, kami jelas inferior. Namun kami tetap percaya diri dan akan memainkan sepakbola menyerang. Kami ingin menang dan meraih gelar juara. Dalam satu partai seperti ini, segalanya bisa terjadi,” ujar Kovac, seperti dikutip laman resmi Bundesliga.

Ketajaman Reus dan Aubameyang Bakal Krusial

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Frankfurt Kontra Dortmund

Bagi Dortmund sendiri, kemenangan wajib mereka raih untuk jadi kampiun. Maklum dari empat kali lolos ke final DFB-Pokal secara beruntun, tiga kali mereka gagal. Tentu saja kegagalan keempat akan jadi tragedi buat klub.

Situasinya mendukung Dortmund. Die Borussen unggul kualitas skuat, performa di Bundesliga, dan tentu saja sangat berpengalaman mentas di final DFB-Pokal. Sang pelatih, Thomas Tuchel, juga akan mati-matian karena partai ini berpotensi besar jadi perpisahannya.

Skema andalan 4-1-4-1 siap diturunkan dengan komposisi yang sempurna. Nuri Sahin dan Shinji Kagawa yang sempat melempem dan kehilangan posisi di awal musim, kini punya peran krusial dalam formasi tersebut.

Namun pasangan sehati lini depan, Marco Reus dan Pierre-Emerick Aubameyang, tetap jadi senjata utamaya. Robin dan Batman telah temukan sentuhan terbaiknya kembali di akhir musim ini. Dari enam partai terakhir, keduanya mampu produksi 11 gol!

Duel bakal berjalan ketat, dengan kedua tim lakukan jual-beli serangan. Hujan gol diprediksi terjadi, tapi Dortmund tetap ada di atas angin untuk jadi juara.

Eintracht Frankfurt (3-4-2-1): Hradecky; Hector, Abraham, Vallejo; Chandler, Gacinovic, Oczipka, Tawatha; Fabian, Hrgota; Seferovic.

Borussia Dortmund (4-1-4-1)Burki; Piszczek, Sokratis, Bartra, Schmelzer; Sahin; Dembele, Castro, Kagawa, Reus; Aubameyang.

Prediksi Goal Indonesia: Eintracht Frankfurt 2-4 Borussia Dortmund

TAHUKAH ANDA

  • Frankfurt enam kali melaju ke final DFB-Pokal. Empat kali mereka juara, sementara sisanya jadi runner-up.
  • Dortmund tujuh kali melenggang ke final DFB-Pokal. Mereka tiga kali juara, sementara empat lainnya berujung kekalahan.
  • Partai ini jadi final keempat beruntun Dortmund di DFB-Pokal. Sayang di tiga kesempatan sebelumnya, mereka selalu kalah.
  • Frankfurt menghadapi partai final, dengan rekor hanya raih dua kemenangan dari sepuluh partai kompetitif terakhirnya.
  • Dari lima bentrok terakhir kedua tim, Dortmund unggul tipis dengan tiga kemenangan dan dua kali kalah.