PREVIEW Copa Del Rey: Barcelona – Deportivo Alaves

Barcelona haram remehkan Deportivo Alaves, jika tak ingin gagal cetak hat-trick Copa del Rey untuk kali pertama dalam 64 tahun terakhir.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Barcelona dan Deportivo Alaves akan saling berhadapan di Vicente Calderon guna perebutkan Copa del Rey musim ini, pada Minggu (28/5) dini hari WIB.

Menilik Alaves yang punya status Kuda Hitam turnamen, Barca jelas jauh lebih diunggulkan dalam partai ini. Apalagi Blaugrana berambisi menyelamatkan musimnya dengan raihan trofi bergengsi, setelah gagal di Liga Champions dan La Liga Spanyol.

Apalagi jika sukses jadi juara, Barca akan menyamai rekor hat-trick Copa del Rey yang tak pernah terjadi sejak 1953. Tentu saja juga bakal jadi perpisahan yang manis untuk Luis Enrique, yang takkan latih Lionel Messi cs musim depan.

Segala situasinya kondusif. Walau baru saja berduka karena gagal pertahankan gelar La Liga, Barca sejatinya tengah on fire lantaran selalu menang di enam partai terakhirnya. Selain itu mereka juga tak harus kehilangan penggawa penting, entah karena cedera atau skorsing.

Beberapa rotasi tetap akan dilakukan Enrique bahkan dirinya berpotensi menurunkan skema 3-4-3. Namun satu hal yang takkan diubahnya adalah formula MSN di lini depan, yang selalu krusial setiap kali hadapi final.

Pengaruh MSN selalu besar di partai final

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Barcelona Kontra Deportivo Alaves

Namun Barca tak boleh memandang Alaves sebelah mata. Walau kalah telak 6-0 di pertemuan terakhir, faktanya El Glorioso merupakan penakluk Barca di Camp Nou musim ini.

Skema sepakbola menyerang yang diandalkan pelatihnya, Mauricio Pellegrino, berjalan sukses musim ini. Tanpa diperkuat satu pun nama mentereng, Alaves mampu akhiri La Liga musim ini di peringkat sembilan dan lolos ke final Copa del Rey.

Pencapaian itu sudah sangat bagus untuk tim sekelas Alaves. Karenanya mereka akan hadapi Barca nanti dengan tanpa beban. Sesuatu yang justru bisa berbalik jadi modal, untuk secara mengejutkan memenangkan duel.

“Kami akan pergi ke Vicente Calderon tanpa beban. Kami akan bermain semaksimal mungkin, meski tahu Barca begitu sulit dikalahkan. Namun tanpa adanya tekanan dan mengingat ini adalah partai final, segalanya bisa terjadi,” tutur Pellegrino, seperti dikutip AS.

Bentrok akan berjalan sulit buat Barca, karena Alaves siap berikan perlawanan tangguh. Namun jika sukses mencetak gol terlebih dahulu di waktu dini, Azulgrana tampaknya akan catatkan hat-trick Copa del Rey dengan mudah.

Prakiraan Formasi:

Barcelona (3-4-3): Cillessen; Mascherano, Pique, Umtiti; Rakitic, Busquets, Gomes, Iniesta; Messi, Alcacer, Neymar.

Alaves (4-2-3-1): Pacheco; Kiko, Alexis, Feddal, Garcia; Krsticic, Llorente; Camarasa, Manu, Ibai; Santos.

Prediksi Goal Indonesia: Barcelona 3-1 Deportivo Alaves

TAHUKAH ANDA

  • Jika juara, Barca makin menegaskan diri sebagai raja Copa del Rey. Mereka akan meraih trofi ke-29, unggul jauh dari pesaing terdekatnya, Athletic Bilbao, dengan 23 trofi.

  • Final ini jadi yang pertama untuk Deportivo Alaves sepanjang sejarahnya ikuti Copa del Rey.

  • Deportivo Alaves jadi tim pertama yang taklukkan Barca di Camp Nou musim ini, pada putaran pertama La Liga lalu.

  • Minimal dua gol dicetak Barca pada di empat finalnya di Copa Del Rey, yang kesemuanya berujung juara.

  • Partai ini jadi final ke-12 Copa del Rey yang dihelat di Vicente Calderon. Dari jumlah itu, Barca memenanginya di sana sebanyak tiga kali.

  • Messi jadi pemain tertajam di lima liga top Eropa musim ini, dengan koleksi 53 gol di semua ajang.