PREVIEW Bundesliga Jerman: Augsburg – Borussia Dortmund

Hasil positif wajib diraih Borussia Dortmund, agar tak turun ke peringkat empat klasemen dan lakoni play-off Liga Champions.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Duel sulit bakal dihadapi Borussia Dortmund tatkala bertandang ke markas Augsburg di SGL Arena, pada spieltag 33 Bundesliga Jerman, Sabtu (13/5) malam WIB.

Bukan tanpa alasan karena meski unggul nama besar dan kualitas skuat, Augsburg sama sekali bukan lawan enteng ketika dihadapi di markasnya sendir. Fuggerstädter tak pernah kalah dalam lima partai kandang terakhirnya.

Augsburg bahkan sanggup memenangkan dua duel kandang terakhirnya. Belum lagi komposisi skuat mereka yang komplet tanpa sanksi atau cedera. Deretan penggawa andan sarat pengalaman layaknya Paul Verhaegh, Halil Altintop, dan Alfred Finnbogason dalam kondisi terbaik diturunkan.

Nada opimitstis pun diusung pelatih Augsburg, Manuel Baum, untuk bisa kejutkan Dortmund. Apalagi mereka sangat membutuhkan kemenangan di partai ini, karena ancaman degradasi masih terpampang nyata.

“Kami tak punya pilihan lain untuk bisa menang atas Dortmund, untuk terus menjauh dari ancaman degradasi. Di lihat dari sisi manapun memang sulit, tapi kami punya keuntungan bermain di kandang,” tutur Baum, seperti dikutip Bild.

Reus punya pengaruh kuat di Dortmund

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Augsburg Kontra Dortmund

Namun Dortmund tentu takkan berbaik hati memberikan poin untuk Augsburg selamat dari degradasi. Hal itu terjadi karena Die Borussen juga masih riskan untuk otomatis lolos ke babak utama Liga Champions.

Berada di peringkat tiga klasemn sementara, Dortmund hanya terpaut dua poin dari Hoffenheim di posisi empat. Jika sampai tersalip di akhir musim, tim asuhan Thomas Tuchel dipastikan turun ke tempat keempat dan terpaksa main di babak play-off Liga Champions musim depan.

Dortmund tentu saja ogah melakoni risiko seperti itu. Apalagi akhir pekan lalu baru saja petik kemenangan krusial atas Hoffenheim, yang membawa mereka menembus tiga besar klasemen.

Situasinya positif, lantaran Dortmund tampilkan performa brilian di lima spieltag terakhir dengan rengkuh sepuluh poin. Rekor pertemuan dengan Augsburg pun gemilang, dengan rengkuhan delapan kemenangan, tiga kali imbang, dan cuma sekali kalah dalam 12 bentrok terakhir.

Sorotan utama bakal terletak pada sang kapten Marco Reus. Meski musim ini banyak dihabiskannya di meja perawatan, pemain 28 tahun itu punya pengaruh besar setiap kali mentas. Terbukti dengan torehan empat gol dan tiga assist-nya, dari empat spieltag terakhir yang dimainkannya. Rolls-Reus tentu siap pimpin timnya curi tiga poin dari SGL Arena.

Augsburg (4-2-3-1): Hitz; Verhaegh, Gouweleeu, Hinteregger, Stafylidis; Kohr, Baier; Schmid, Altintop, Max; Finnbogason.

Borussia Dortmund (4-1-4-1): Burki; Piszczek, Sokratis, Bender, Schmelzer; Weigl; Dembele, Kagawa, Guerreiro, Reus; Aubameyang.

Prediksi Goal Indonesia: Augsburg 1-2 Dortmund.

TAHUKAH ANDA

  • Dortmund hanya kalah sekali dalam 12 bentrok terakhir kontra Augsburg. Selebihnya mereka menang delapan kali dan imbang tiga kali, dengan empat kemenangan di antaranya diraih dalam empat pertemuan terakhir.
  • Augsburg hanya kalah sekali dalam empat partai terakhir Bundesliga. Namun mereka juga cuma menang dua kali sejak Maret lalu.
  • Dalam jumlah partai yang sama, Dortmund sendiri tak terkalahkan dan sukses memetik sepuluh poin.
  • Bermain di markasnya sendiri, Augsburg tak terkalahkan di lima laga terakhir. Dua partai kandang terkini bahkan berakhir dengan kemenangan.
  • Bintang Augsburg, Altintop, memegang rekor sebagai pemain paling sering diganti di Bundesliga bersama Gerald Asamoha. Dia tercatat sudah 139 kali diganti.