Persija Jakarta Berbagi Rekor Buruk Dengan Juru Kunci Klasemen Liga 1

Tujuh pekan Liga 1 2017 berlalu dan beberapa catatan menarik pun tercipta.


OLEH    FARABI FIRDAUSY     Ikuti di twitter


Kompetisi kasta tertinggi Indonesia, Liga 1 2017 telah menyelesaikan pekan ketujuh dengan laga antara Persiba Balikpapan dan Persipura Jayapura di Stadion Gajayana, Malang, Senin (22/5) malam, sebagai penutup.

Pada laga tersebut, Persiba yang berstatus sebagai tim tuan rumah harus kembali menelan kekalahan. Persipura menambah penderitaan Marlon da Silva dan kolega dengan skor akhir 2-0, sekaligus jadi kekalahan keenam Beruang Madu musim ini.

Hasil itu juga menjadikan Persiba sebagai tim yang belum pernah sekali pun meraih kemenangan ketika bertindak sebagai tuan rumah. Dapat dimaklumi, Persiba sendiri menjadi tim musafir karena Stadion Parikesit dalam renovasi dan Stadion Batakan belum disahkan.

Fengky Turnando - Persiba Balikpapan & Sutanto Tan - Persija Jakarta Pekan Pertama

Selain Persiba, tim Liga 1 lain yang belum pernah berhasil meraih kemenangan sama sekali ketika bermain di kandang sendiri adalah Persija Jakarta. Padahal, Persija tak bisa dicap sebagai musafir karena Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi punya jarak yang tak jauh dari ibu kota.

Stefano Cugurra selaku pelatih dalam goncangan besar menyusul hasil minor yang terus diraih Macan Kemayoran. Materi tim yang tak begitu buruk, namun mereka kesulitan meraih hasil maksimal di kandang dan baru menuai dua poin ketika bermain di Patriot dari tiga penampilan.

Persija juga baru satu kali menuai kemenangan musim ini, dan itu didapatkan mereka pada laga pembuka melawan Persiba di Stadion Kanjuruhan. Kini, keduanya berbagi rekor sama yakni belum pernah menang di kandang hingga pekan ketujuh Liga 1.

Posisi Teco, sapaan akrab Stefano, dalam tanda tanya karena Persija juga masuk sebagai tim paling tumpul hingga pekan ketujuh ini dengan empat gol dari tujuh penampilan. Angka itu hanya lebih baik dari Persiba yang baru mengukir tiga gol dan semuanya dari pemain asing mereka.

Gian Zola Diklat Persib U-21 (7/11/2015)

Catatan lain yang menarik adalah gol bintang muda Persib dari Gian Zola Nasrullah ke gawang Borneo FC akhir pekan lalu. Zola mencatatkan diri sebagai pencetak gol termuda di kompetisi ini dengan usia 18 tahun 285 hari, mengalahkan Teuku Ichsan (Bhayangkara FC), Marinus Wanewar (Persipura) dan Fulgensius Billy yang juga dari Persib.

Sebelum laga Persiba kontra Persipura, tiap gol Persipura selalu lahir dari pemain lokal mereka dan Persiba tak pernah mencetak gol lewat pemain lokal. Pada laga penutup pekan ketujuh tersebut, catatan Persipura akhirnya pecah sebagaimana Addison Alves menjadi legiun asing pertama yang mencetak gol untuk Mutiara Hitam.

Pekan ini mungkin paling manis untuk Persela Lamongan dan takkan dilupakan oleh Aremania. Sebab, Persela untuk pertama kali sejak 2012 mampu membantai Arema di Stadion Surajaya. Tak tanggung, empat gol dibombardir skuat Laskar Joko Tingkir ke gawang tim arahan Aji Santoso.

Arema harus tanpa Arthur Cunha dan Bagas Adi Nugroho, dua stoper andalan mereka, karena cedera. Posisi Singo Edan otomatis menggelinding ke delapan karena kekalahan 4-0 dari Persela.

Footer Goal Indonesia Instagram