Pep Guardiola Puji Pengaruh Vincent Kompany Di Manchester City

Sang manajer mengatakan timnya lebih percaya diri dengan kehadiran bek asal Belgia tersebut, sang kapten tampil impresif di laga kontra Crystal Palace


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Absennya Vincent Kompany nampaknya memiliki dampak yang besar bagi Manchester City. Sang manajer Pep Guardiola memuji kembalinya sang kapten saat memimpin timnya menang telak 5-0 atas Crystal Palace, Sabtu (6/5).

Kompany turut mencetak gol pada laga yang berlangsung di Etihad Stadium itu. Gol tersebut menjadi yang pertama baginya sejak Agustus 2015.

Vincent Kompany Manchester City celebrate

Bek tengah berusia 31 tahun itu kini telah kembali fit dan sudah bermain 90 menit dalam lima dari enam laga di ajang Liga Primer Inggris – menyamai pencapaian terbaiknya musim lalu, sebelum Kompany mengakhiri musimnya lebih cepat karena mengalami cedera paha yang parah saat berlaga di semi-final Liga Champions kontra Real Madrid. 

SIMAK JUGA – Vincent Kompany: Manchester City Wajib Sapu Bersih Tiga Laga Sisa

City mengalami masalah di lini belakang di bawah asuhan Guardiola, namun mereka berhasil mencatatkan clean sheet dalam tiga dari empat laga di ajang liga saat sang kapten tampil.

“Ini adalah langkah besar. Ketika kami berbicara dengan Vincent musim ini, kami mengatakan jangan terlalu memaksakan,” ujar Guardiola seperti dikutip dari Goal Internasional.

“Anda haru bisa berlatih secara reguler dan kemudian memainkan satu laga. Lalu satu laga lagi dan seterusnya. Dia melakukannya [lagi] selama 90 menit. Itu sudah laga tidak terjadi.”

SIMAK JUGA: Pep Guardiola Butuh Tambahan Pencetak Gol

“Saya tidak bicara padanya tapi saya yakin [mantan manajer City] Manuel Pellegrini sangat kehilangannya [Kompany] musim lalu, atau dalam dua musim terakhir. Tentu kami sangat merindukanya. Dia adalah bek tengah sejati.”

Ketika ditanya apakah City bisa bergantung pada Kompany yang fit untuk menjalani musim depan, Guardiola realisitis mengatakan timnya butuh bek baru tapi mengakui lini belakang timnya lebih percaya diri ketika bek asal Belgia itu tampil.

“Semoga saja tapi kami harus mencari pelapis di lini belakang. Kami tidak bisa terlalu yakin ia akan terus fit karena melihat pengalaman tahun lalu. Kami harus punya pelapis untuk mengantisipasi itu.”