Newcastle United Juara Divisi Championship, Blackburn Rovers Terdegradasi

The Magpies menyudahi Divisi Championship di tangga teratas, sementara jawara Liga Primer 1995 Blackburn Rovers harus terlempar ke divisi ketiga.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Newcastle United sukses menyabet trofi juara Divisi Championship Inggris musim ini seiring kemenangan telak 3-0 atas Barnsley pada laga pekan terakhir, Minggu (7/5) ini.

Tiga gol dari Ayoze Perez, Chancel Mbemba, serta Dwight Gayle di St. James’ Park memastikan skuat Rafa Benitez, yang sudah menyegel tiket promosi ke Liga Primer dua pekan silam, finis sebagai nomor satu di atas Brighton & Hove Albion dengan selisih tipis satu poin.

Dua klub tersebut sama-sama naik kasta secara otomatis, sementara sisa satu jatah lagi akan diperebutkan oleh empat tim peringkat ketiga hingga keenam yang harus melewati babak play-off.

Tim posisi keenam Fulham yang mengakhiri kompetisi dengan menundukkan tuan rumah Reading 2-1 akan berjumpa kembali dengan The Royals, yang finis ketiga, di putaran play-off. Duel lainnya melibatkan Sheffield Wednesday dan Huddersfield Town.

Di papan bawah, Blackburn Rovers harus menerima kenyataan pahit terdemosi ke League One alias divisi ketiga Inggris. Kemenangan 3-1 atas Brentford tidak cukup bagi The Rovers, kampiun EPL 1994/95, untuk meraih keselamatan. Tim asuhan Tony Mowbray kalah selisih gol dari Nottingham Forest, yang secara dramatis dipastikan bertahan usai menumpas Ipswich Town tiga gol tanpa balas.

Simak susunan klasemen akhir Divisi Championship 2016/17 di sini.