Manchester City Siap Jadikan Ederson Moraes Kiper Termahal Sejagat

Rekor transfer kiper termahal milik Buffon berpotensi pecah di musim panas nanti oleh kiper muda Brasil ini.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Akibat belum menemukan kiper ideal, Manchester City diperkirakan akan jor-joran pada bursa transfer musim panas mendatang untuk merekrut kiper baru. City bahkan berpotensi memecahkan rekor transfer untuk pembelian kiper.

Seperti dilaporkan oleh Goal UK, City kini tengah serius untuk merekrut penjaga gawang Benfica Ederson Moares. Kiper 23 tahun asal Brasil itu diyakini memiliki banderol mahal, yakni sebesar €40 juta (£35 juta).

SIMAK JUGA: Ederson Masuk Daftar Beli Man City

Jika jumlah itu disepakati, maka Ederson akan menjadi kiper termahal di dunia, mengalahkan rekor transfer sebelumnya milik Gianluigi Buffon yang diboyong Juventus dari Parma senilai £33 juta pada 2001 silam.

Meski demikian, harga asli Buffon jika dikonversikan ke kurs saat ini adalah €55 juta alias €15 juta lebih mahal dari banderol Ederson. Berapa pun harganya, City diyakini sudah mantap untuk menjadikan Ederson sebagai kiper ideal mereka setelah Joe Hart, Claudio Bravo, dan Willy Caballero tak cukup meyakinkan manajer Pep Guardiola.

City disebutkan akan segera menuntaskan kepindahan Ederson selepas partai final Taca de Portugal melawan Vitoria Guimaraes, Minggu (28/5) esok. Agen Ederson, Jorge Mendes, juga telah berada di Manchester untuk memfasilitasi transfer ini.

SIMAK JUGA: RESMI: Silva Gabung Man City

Mahalnya harga Ederson ini disebabkan karena kepemilikan sang kiper yang terbagi oleh tiga pihak, yakni Benfica, Rio Ave (klub Ederson sebelumnya), dan Gestifute (agensi yang dimiliki Mendes). Setiap pihak tentu ingin mendapatkan keuntungan besar dari penjualan Ederson ini.

City telah memulai secara dini aktivitas transfer musim panas mereka, dengan meresmikan kedatangan Bernardo Silva dari AS Monaco senilai £43 juta pada Jumat (26/5) kemarin. Selain memburu Ederson, City juga dikaitkan dengan Kyle Walker (Tottenham Hotspur) dan Benjamin Mendy (Monaco), yang memiliki banderol tak jauh berbeda dari Ederson atau Silva.