Laporan Pertandingan: RB Leipzig 4-5 Bayern Munich

Meski telah dipastikan menjadi juara Bundesliga musim ini, Bayern tetap tampil hebat dan mampu meraih kemenangan dramatis di markas RB Leipzig.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Bayern Munich menunjukkan kualitasnya sebagai juara Bundesliga Jerman musim ini di laga sengit kontra RB Leipzig, Sabtu (13/5). Meski sudah dipastikan juara tim asuhan Carlo Ancelotti tetap tampil ngotot dan mampu melakukan comeback untuk meraih kemenangan 5-4 di laga yang berlangsung di Red Bull Arena itu.

Di awal berjalannya laga RB Leipzig langsung menggebrak lewat golnya saat laga baru memasuki menit ke-2. Proses gol yang tercipta pun sangat cepat.

Berawal dari lemparan sang kiper Peter Gulacsi, Emil Forsberg berhasil menguasai bola dan melepaskan umpan silang ke Marcel Sabitzer, yang menyambutnya dengan sundulan dan sukses membobol gawang Bayern yang dikawal Tom Starke.

3 – For the 3rd time in 2016/17 @RBLeipzig_EN score in the 2nd minute of a #Bundesliga game. Timing. #RBLFCB

— OptaFranz (@OptaFranz) 13 May 2017

Gol yang tercipta pada awal laga atau tepatnya menit ke-2 bukan hal yang asing bagi tim asuhan Ralph Hasenhuttl, sepanjang musim ini mereka telah tiga kali melakukannya.

Marcel Sabitzer RB Leipzig FC Bayern

SIMAK JUGA: Pelatih RB Leipzig Ungkap Sulitnya Saingi Bayern Munich Untuk Juara Bundesliga Jerman

Akan tetapi keunggulan lewat gola cepat di awal laga itu sirna setelah Bayern sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-17.

Tim tamu mendapatkan hadiah penalti setelah bek kiri Leipzig Bernardo melakukan handball. Robert Lewandowski kemudian sukses menjalankan tugasnya dengan baik.

Robert Lewandowski FC Bayern RB LeipzigLeipzig berhasil kembali unggul saat laga memasuki menit ke-29. Kini giliran tim tuan rumah yang mencetak gol lewat tendangan penalti.

Wasit menunjuk titik putih setelah Forsberg dilanggat oleh Xabi Alonso, dan Timo Werner mampu memaksimalkan kesempatan untuk menciptakan gol lewat tendangan penalti. Gol tersebut menjadi yang ke-20 bagi penyerang asal Jerman berusia 21 tahun tersebut di ajang Bundesliga musim ini.

RB Leipzig FC Bayern Timo Werner

Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan Leipzig. Sepanjang babak pertama laga berjalan seru dan kedua tim nampak saling serang.

Saat babak kedua baru berjalan dua menit, Leipzig sukses menambah keunggulannya. Mereka mengawali 45 menit kedua dengan cara yang serupa dengan di awal laga. Berawal dari umpan Forsberg, Yussuf Poulsen berhasil membuat gawang Bayern bobol untuk ketiga kalinya di laga ini.

Laga berlangsung semakin seru setelah Bayern memperkecil ketertinggalan pada menit ke-60 lewat gol Thiago Alcantara. Empat menit berselang Leipzig kembali menjauh, Werner berhasil melewati Jerome Boateng sebelum melakukan penyelesaian akhir yang brilian.

SIMAK JUGA: Klasemen Bundesliga Jerman

Hujan gol belum berhenti di situ. Memasuki menit ke-84 Bayern mampu mencetak gol lewat aksi Lewandowski memanfaatkan bola rebound. Gol tersebut menjadi yang ke-30 bagi penyerang asal Polandia tersebut di ajang Bundesliga musim ini.

Laga antara tim juara dengan runner-up ini berakhir dramatis. Bayern berhasil mencetak dua gol untuk membalikkan kedudukan saat laga telah memasuki  periode injury time. Pada menit 90+1′ David Alaba berhasil mencetak gol penyama kedudukan lewat tendangan bebasnya dari jarak sekitar 20 meter dari gawang Leipzig.

Bayern kemudian berhasil berbalik unggul dan memenangkan laga setelah Arjen Robben yang menerima umpan Thomas Muller, berhasil melewati dua pemain sebelum mencungkil bola untuk menjebol gawang Leipzig yang dikawal Gulacsi ketika laga telah memasuki menit 90+5′.