Laporan Pertandingan: Liverpool 0-0 Southampton

James Milner gagal memaksimalkan peluang emas dari titik putih, sehingga Liverpool harus puas dengan satu angka lawan Southampton.


OLEH   DEWI AGRENIAWATI


Kegagalan James Milner mengeksekusi penalti menandai kegagalan Liverpool mengeruk kemenangan atas Southampton, yang bermain solid di lini belakang, Minggu (7/5) malam WIB. 

Hasil imbang 0-0 di Anfield ini memang masih mempertahankan the Reds di peringkat ketiga dengan 70 poin, namun terancam gagal mentas di zona Liga Champions musim depan jika dua pesaing utama mereka, Manchester City dan Manchester United, memenangkan pertandingan sisa. 

Liverpool mengawali laga dengan melancarkan serangan lewat eks pemain Soton Nathaniel Clyne dari sektor kanan, kemudian memberikan umpan menyilang kepada Divock Origi tapi tim tamu sukses mengamankan area mereka. 

SIMAK JUGA: Klopp Nikmati Tekanan Empat Besar

Pertandingan berjalan lambat, dengan Liverpool kesulitan menembus rapatnya lini belakang Southampton besutan Claude Puel. Ada satu peluang didapat Georginio Wijnaldum, tapi sundulannya mudah diamankan kiper Fraser Forster, pun dengan sepakan Roberto Firmino yang berhasil diblok penjaga gawang lawan. 

Philippe Coutinho turut mencoba peruntungan, dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti namun bola jatuh tepat di pelukan Forster. Kedudukan imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum. 

Gabbiadini Can Southampton Liverpool 07052017

Di babak kedua Southampton pun tidak banyak mendapat ancaman dari kubu Liverpool. The Reds bahkan gagal menjebol gawang Southampton meski mendapat hadiah penalti di menit ke-65 setelah Jack Stephens melakukan handball di area terlarang. James Milner yang menjadi eksekutor gagal mengonversi peluang emas tersebut. 

Melihat permainan timnya, Jurgen Klopp melakukan pergantian pemain dengan menarik Origi dan Lucas Leiva, memasukkan Adam Lallana dan Daniel Sturridge. 

The Saints menciptakan peluang ketika Dusan Tadic melepaskan sundulan, namun bola masih melebar dari tiang gawang. 

Liverpool terus mendominasi pertandingan, namun mereka masih kesulitan menemukan celah. Klopp kemudian menggantikan Wijnaldum dengan Marko Grujic memasuki menit akhir pertandingan dan hampir saja mencetak gol di pengujung laga ketika sundulan Coutinho hasil crossing Milner ditepis Forster.