Laporan Pertandingan: Lazio 1-3 Inter

Inter akhirnya keluar dari rentetan hasil negatif setelah menumbangkan sembilan pemain Lazio 3-1 di Stadio Olimpico.


OLEH   ANUGERAH PAMUJI     Ikuti di twitter


 

Setelah menelan empat kekalahan beruntun, akhirnya Inter keluar dari tren negatif itu dengan mempecundangi Lazio di Stadio Olimpico.

Dalam laga Giornata ke-37 itu, Nerazzurri menang meyakinkan, 3-1. Meski sempat tertinggal lebih dulu dari tuan rumah, kubu Giuseppe Meazza sanggup mengejar ketinggalan hingga membalikkan keadaan.

Lazio di babak kedua harus melemah lantaran mereka kehilangan dua pemainnya yang diganjar kartu merah: Senad Lulic dan Keita Balde. Celah inilah yang dioptimalkan Inter untuk meneguk kemenangan.

Inter sudah dipastikan tak bisa mengejar finis di spot Eropa, baik Liga Europa apalagi Liga Champions. Tapi kemenangan ini setidaknya mengeluarkan mereka dari tekanan besar atas berbagai epiosde memilukan sepanjang musim ini.

Dengan demikian, La Beneamata naik ke posisi tujuh klasemen Serie A dengan mengumpulkan 59 poin dari 37 pertandingan. Ada pun Lazio bertengger di posisi keempat degan nilai 70. Biancocelesti sudah memastikan satu tempat di pentas Liga Europa musim depan.

Jalannya Pertandingan

Sebenarnya, Lazio memulai pertandingan dengan spirit positif. Buktinya, tuan rumah sukses unggul lebih dulu saat pertandingan berjalan 18 menit melalui penalti Keita Balde. Tendangan 12 pas ini didapat menyusul pelanggaran yang dibuat Jeison Murillo di kotak terlarang.

Namun berselang 13 menit kemudian, Inter bangkit. Bek Marco Andreolli berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai memaksimalkan umpan terukur Ivan Perisic.

Dalam keadaan berimbang, Lazio kehilangan konsentrasi. Nerazzurri membalikkan keadaan saat menginjak menit ke-37. Wesley Hoedt yang panik, salah mengantisipasi bola sehingga masuk ke gawangnya sendiri. Lazio 1-2 Inter.

Momen gol bunuh diri tadi menjadi penanda akhir dari paruh pertama. Selepas interval, Biancocelesti tak menujukkan sinyal akan adanya kebangkitan.

Celakanya, mereka harus kehilangan striker andalannya sekaligus pencetak gol pembuka, Balde. Kartu kuning kedua membuat dia harus puas diusir wasit dari lapangan.

Minus satu pemain membuat Inter tampil semakin pede. Memasuki menit ke-74, sentuhan Eder Martins kian melambungkan Inter. Skor kini 3-1 untuk keunggulan Nerazzurri.

Lazio makin tak karuan empat menit setelah gol ketiga Inter. Kali ini, Lulic yang diganjar kartu merah setelah menerima kartu kuning kedua. Dia pun menyusul Balde.

Di sisa waktu yang ada, tak ada lagi gol tercipta sampai wasit meniup peluit panjang.