Laporan Pertandingan: Juventus 3-0 Crotone

Kemenangan telak atas Crotone memastikan Juventus mencapai status legenda lewat raihan enam Scudetto beruntun.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Setelah tertunda selama dua pekan, pesta Scudetto Juventus akhirnya resmi digelar pada Minggu (21/5) malam WIB. Menjamu Crotone, Juventus sukses melibas tamunya itu dengan skor telak 3-0 untuk memastikan raihan poin mereka di puncak klasemen Serie A Italia tidak terkejar lagi di sisa satu pertandingan.

Juventus pun sah menjadi tim Italia pertama yang mampu merebut enam titel Serie A secara beruntun. Menurut hitungan resmi, ini adalah Scudetto ke-33 bagi Bianconeri. Dengan demikian, pasukan Massimiliano Allegri tinggal menyisakan final Liga Champions pada 3 Juni mendatang untuk menyempurnakan musim ini dengan raihan treble.

SIMAK JUGA: Klasemen Serie A

Sempat mengawali laga dengan tempo lambat, Juve yang mengontrol permainan langsung membuka keunggulan dengan cepat di menit ke-13. Mario Mandzukic mendapat kado istimewa tepat di hari ulang tahunnya yang ke-31, dengan mencetak gol pembuka seusai menyambar umpan Juan Cuadrado dari jarak dekat.

Gol tersebut membuat Juventus semakin agresif menyerang Crotone. Tak selang beberapa menit, terdapat insiden klaim penalti dari Paulo Dybala, namun wasit mengabaikannya. Sejumlah peluang kemudian diciptakan Juventus, namun tidak ada yang benar-benar mengancam gawang Alex Cordaz..

Tuan rumah tentu berharap bisa membunuh laga ini secepatnya agar bisa mengistirahatkan pemain inti mereka untuk final Liga Champions kontra Real Madrid. Pada akhirnya, gol kedua yang dinanti tercipta di menit ke-39 lewat tendangan bebas cantik Dybala untuk membawa Juve semakin di atas angin.

Di sisa babak pertama, Gonzalo Higuain dua kali mengancam lewat tembakan lob spekulatif dan sebuah tandukan, tapi masih belum tepat sasaran. Crotone sendiri di sepanjang paruh pertama praktis terkurung, sehingga mereka hanya bisa pasrah dan berharap Juventus bisa mengendurkan serangan di babak kedua.

Bonucci Juventus Crotone Serie A

Dybala Juventus Crotone Serie A

Harapan itu perlahan terwujud di babak kedua. Crotone berhasil memperbaiki performa mereka dengan bermain lebih energik dan agresif. Hal ini membuat peluang Juventus tidak semengalir seperti di babak pertama. Hingga pertengahan babak kedua, Juventus hanya sanggup mencatatkan sebuah peluang berbahaya melalui tembakan Juan Cuadrado yang bisa ditangkis Cordaz.

Crotone, yang tengah berjuang untuk selamat dari zona degradasi, tetap kesulitan mendobrak pertahanan ketat Juventus. Hanya tembakan jarak jauh Andrea Barberis yang mampu membuat Buffon bekeringat di babak kedua. Adapun Juventus secara keseluruhan masih mendominasi laga, namun mereka tidak ngotot untuk melancarkan serangan.

Tetap saja, Juve sanggup menambah keunggulan lewat tandukan keras Alex Sandro di menit ke-83 menyambut sepak pojok Dybala. Di sisa laga, Juventus hampir memperbesar skor lewat Dani Alves dan Mandzukic. Namun hingga peluit panjang dibunyikan kedudukan 3-0 tidak berubah dan Juventus Stadium pun larut dalam pesta Scudetto.

 

Susunan Pemain

Juventus (4-2-3-1): Buffon; Dani Alves, Bonucci, Benatia, Alex Sandro; Pjanic (Rincon 84′), Marchisio (Lemina 74’); Cuadrado (Barzagli 70’), Dybala, Mandzukic; Higuain.

Crotone (4-4-2): Cordaz; Rosi (Sampirisi 35’), Ceccherini, Ferrari, Martella; Rohden (Actosy 78’), Barberis, Crisetig, Tonev (Nwankwo 57’); Falcinelli, Nalini.