Laporan Pertandingan: Borussia Dortmund 4-3 Werder Bremen

Borussia Dortmund memastikan diri mentas di fase grup Liga Champions usai menang dramatis atas Hoffenheim.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Borussia Dortmund sukses meraih kemenangan dramatis atas Werder Bremen lewat skor 4-3, pada spieltag pamungkas Bundesliga Jerman, Sabtu (20/5) malam WIB.

Hasil positif ini memastikan Dortmund mentas di babak fase grup Liga Champions musim depan dengan duduki peringkat tiga klasemen akhir. Mereka mengungguli Hoffenheim di peringkat keempat, dengan surplus dua poin.

SIMAK JUGA: Aubameyang Pertimbangkan Ke Tiongkok?

Babak Pertama

Meski begitu Dortmund sama sekali tak melalui pertandingan ini dengan mudah. Alih-alih bermain bertahan, Werder Bremen, justru menampilkan permainan terbuka nan atraktif.

Kejutan bahkan langsung diberikan Bremen ketika laga baru memasuki menit ketujuh. Berawal dari umpan panjang Ulisses Garcia, sontekan Zlatko Junuzovic berhasil membawa tim tamu unggul 1-0.

Dortmund yang terlambat panas kemudian baru bisa membalasnya di menit ke-32. Adalah sang kapten, Marco Reus, yang samakan kedudukan 1-1 usai maksimalkan sodoran manis Shinji Kagawa.

Signal-Iduna Park bahkan dibuat tersenyum saat jeda, karena Dortmund sukses membalikkan kedudukan 2-1 melalui aksi Pierre-Emerick Aubameyang di menit 42.

Umpan cungkil Ousmane Dembele disambut dengan mantap oleh tembakan voli kapten Timnas Gabon tersebut.

SIMAK UGA: Favre Bakal Latih Dortmund?

Babak Kedua

Tertinggal 2-1 tak membuat mental Bremen runtuh. Mereka justru kembali hadirkan kejutan di awal babak kedua lewat skema serangan balik nan cepat, khas pelatih mudanya, Alexander Nouri.

Dimulai dari gol Fin Bartels yang setarakan kedudukan 2-2 ketika babak kedua baru berjalan beberapa detik. Max Kruse jadi otak di balik terciptanya gol tersebut, dengan mengawali dan mengakhiri serangan balik timnya dengan sebuah assist.

Bomber nakal itu lantas secara luar biasa membawa Bremen berbalik unggul 3-2 di menit 68. Menusuk dari sisi kanan pertahanan Dortmund, Kruse melakukan chip untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Sayang impresi menakjubkan Bremen harus berakhir negatif, akibat dua hukuman penalti kontroversial untuk Dortmund. Die Borussen pun gantian memutar balik kedudukan jadi 4-3, lewat penalti Reus di menit 75 dan Aubameyang pada menit 89.

Dortmund akhirnya sukses mempertahankan skor tersebut dan pastikan diri mentas di fase grup Liga Champions musim depan. Sementara Bremen harus mengubur impian tampil di Liga Europa, karena berakhir di peringkat delapan klasemen.

SIMAK JUGA: Bayern Disarankan Angkut Dembele

Susunan Pemain

Borussia Dortmund (3-3-2-2): Burki; Ginter, Sokratis, Bartra; Durm (Pulisic 46′), Sahin (Castro 72′), Guerreiro; Dembele (Bender 90′), Kagawa; Reus, Aubameyang.

Werder Bremen (3-3-2-2): Wiedwald; Vejkovic, Sane (Eggestein 46′), Moisander; Selassie (Gnarby 46′), Delaney; Garcia; Grilllitsch (Bargfrede), Junuzovic; Bartels, Kruse.