Laporan Pertandingan: Bayern Munich 1-0 Darmstadt 98

Darmstadt mendapat hadiah penalti jelang laga berakhir, namun Altintop gagal mencetak gol sehingga timnya kalah dan dipastikan turun kasta.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Darmstadt 98 dipastikan terdegradasi setelah takluk 1-0 dari Bayern Munich pada laga pekan ke-32 Bundesliga Jerman, Sabtu (6/5).

Bayern mampu menguasai jalannya laga yang berlangsung di Allianz Arena tersebut. Darmstadt sangat kesulitan menyentuh bola dalam sepuluh menit pertama berjalannya laga

Tampil mendominasi, juara Bundesliga tersebut akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit ke-18. Juan Bernat menerima bola dari Franck Ribery di sisi kiri kotak penalti, bek kiri asal Spanyol itu kemudian melewati pemain yang menjaganya dan melepaskan tendangan yang tak dapat dihalau kiper Dramstadt Michael Esser.

SIMAK JUGA – Karl-Heinz Rummenigge: Bayern Munich Pantas Juara Bundesliga

Tim tamu sempat mengancam pada menit ke-26. Kapten Darmstadt Aytac Sulu berhasil menyundul bola hasil sepak pojok, namun masih terlalu tinggi dari gawan Bayern yang dijaga Tom Starke.

Sepuluh menit berselang Bayern hampir menambah keunggulannya. Douglas Costa melakukan kerja sama satu-dua yang cepat dengan Thomas Muller, namun tendangan winger asal Brasil itu masih melebar.

Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Bayern.

10 – In the first half against Darmstadt, all 10 outfield players of @FCBayernEN registered at least one shot at goal. Variety. #FCBD98 pic.twitter.com/4KGBA2ItfB

— OptaFranz (@OptaFranz) 6 May 2017

Tim asuha Carlo Ancelotti benar-benar mendominasi laga ini. Pada babak pertama sepuluh pemain mereka masing-masing setidaknya telah melepaskan satu tembakan ke gawang.

Di awal babak kedua Bayern kembali langsung mengancam. Berna melepaskan umpan silang yang kemudian disambut Robert Lewandowski tapi upayanya masih lemah dan bisa diamankan Esser.

SIMAK JUGA: Kiper Bayern Munich Ini Hampir Raih Dua Trofi Setiap Tampil Dalam Satu Laga

Bayern terus mendominasi laga dan membangun serangan dari belakang. Mereka menguasai bola di lini tengah untuk memancing para pemain bertahan Darmstadt keluar dari wilayahnya sendiri, namun tim tamu tetap bertahan dan tidak banyak menempatkan banyak pemain untuk maju.

Lima menit sebelum waktu normal berakhir Darmstadt mendapat kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan. Mereka mendapat hadiah penalti setelah Bernat melanggar Sven Schipplock di kotak terlarang.

SIMAK JUGA: Klasemen Bundesliga Jerman

Mantan pemain Bayern Hamit Altintop menjadi eksekutor penalti tersebut, akan tetapi tendangannya tidak terlalu keras dan masih bisa dihalau oleh kiper ketiga Bayern, Starke.

Penyelamatan kiper berusia 36 tahun itu membuat Darmstadt dipastikan terdegradasi. Kekalahan dari sang juara membuat tim asuhan Torsten Frings itu terbenam di peringkat 18 atau juru kunci klasemen Bundesliga yang tinggal menyisakan dua laga.