Laporan Pertandingan: Augsburg 1-1 Borussia Dortmund

Borussia Dortmund terancam tak bisa lolos otomatis ke fase grup Liga Champions musim depan, setelah imbang 1-1 hadapi Augsburg.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Bertandang ke SGL Arena, Borussia Dortmund harus puas dengan hasil imbang 1-1 hadapi Augsburg, pada spieltag 33 Bundesliga Jerman, Sabtu (13/5) dini hari WIB.

Hasil ini membuat Dortmund jadi terancam gagal lolos otomatis ke babak grup Liga Champions musim depan. Hal itu terjadi karena mereka masih berpotensi turun ke peringkat empat klasemen, dengan kini sama-sama beroleh 61 poin dengan Hoffenheim.

SIMAK JUGA: Tuchel Tak Yakin Dipertahankan Dortmund

Babak Pertama

Augsburg yang tak terkalahkan di lima partai kandang terakhirnya, menunjukkan benar keadidayaan mereka di hadapan pendukungnya sendiri. Motivasi Halil Altintop cs untuk kejutkan Dortmund juga makin tebal, dengan situasi mereka yang masih terancam degradasi.

Augsburg pun secara mengejutkan berhasil menguasai penuh jalannya pertandingan, sejak sepakan mula. Permainan bola pendek nan cepat diperagakan tim asuhan Manuel Baum, yang membuat para penggawa Dortmund kelabakan.

Kans mencetak gol pertama kemudian didapat Jonathan Schmid di menit ke-11. Menyambut umpan panjang Paul Verhaegh, sontekan winger berusia 26 tahun ini masih mampu ditepis kiper utama Dortmund, Roman Burki.

Konsisten menyerang, Augsburg pun akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-29. Adalah sang ujung tombak, Alfred Finnbogasson, yang masuk papan skor usai maksimalkan bola muntah pertahanan Dortmund.

Sayang, unggul 1-0 justru membuat fokus Augsburg pecah. Dortmund dengan sekejap menyamakan kedudukan jadi 1-1 di menit ke-32, melalui Pierre-Emerick Aubameyang. Skor itu pun bertahan hingga paruh pertama usai.

SIMAK UGA: Bartra Kembali Berlatih Bersama Dortmund

Babak Kedua

Paruh kedua, Dortmund berhasil memperbaiki performa buruknya di babak pertama. Mereka balik menguasai jalannya permainan, dengan skema menyerang khasnya lewat bola-bola diagonal yang cepat.

Sederet peluang untuk balikkan keadaan pun lahir. Pertama lewat tandukan Aubameyang di menit ke-52. Menyambut umpan silang manis Shinji Kagawa, sundulan kapten Timnas Gabon itu masih mampu diamankan kiper utama Augsburg, Andreas Luthe.

Tak berhenti, peluang emas kembali dilahirkan Dortmund kali ini melalui usaha Ousmane Dembele di menit 60. Merengsek dari sisi kiri pertahanan, sontekan menyilang pemain asal Prancis ini secara sial hanya menerpa mistar gawang.

Augsburg sendiri bukannya tanpa peluang di babak kedua ini. Satu kans emas juga mereka hasilkan, ketika laga memasuki menit ke-78. Melalui skema serangan balik, Finnbogasson, nyaris saja menorehkan gol keduanya, andai memenangi situasi one on one dengan Burki.

Pada akhirnya hasil imbang 1-1 bertahan hingga pertandingan usai. Selain membuat Dortmund riskan ke babak grup Liga Champions musim depan, Augsburg juga gagal perlebar jarak dua poin dari zona degradasi.

SIMAK JUGA: Bayern Disarankan Angkut Dembele

Susunan Pemain

Augsburg (4-2-3-1): Luthe; Verhaegh, Gouwelwwu, Hinteregger, Stafylidis (Caiuby 68′); Kohr, Baier; Schimd (Teigl 87′), Altintop, Max; Finnbogasson (Dong-Woo Ji 90′).

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Burki, Piszczek, Ginter (Rode 89′), Sokratis, Schmelzer; Weigl (Durm 23′), Guerreiro (Pulisic 80′); Dembele, Kagawa, Reus; Aubameyang.