Laporan Pertandingan: AC Milan 3-0 Bologna

Rossoneri meraih kemenangan telak atas Bologna di laga penutupan Serie A musim ini.


OLEH    YUDHA DANUJATMIKA     Ikuti di twitter


AC Milan menutup musim dengan kemenangan 3-0 atas Bologna di San Siro, Minggu (21/5) malam WIB. Rossoneri tak beranjak dari peringkat enam Serie A Italia, tapi tetap mendapat satu tiket ke Liga Europa musim depan.

Vincenzo Montell justru menurunkan beberapa pemain lapis. Sang pelatih bahkan kembali ambil risiko dengan menduetkan Carlos Bacca dan Gianluca Lapadula. Di sudut lain, Bologna menurunkan skuat terbaik yang memuat Mattia Destro serta Federico Di Francesco.

SIMAK JUGA – Jarang Mainkan Pemuda, Ancelotti Dikritik

Peluang pertama diciptakan oleh Milan pada pertandingan ini. Lapadula berhasil mengundang dua pemain Bologna dan memberi ruang pada Riccardo Montolivo. Bola digulirkan kepada sang gelandang, lalu sepakan keras dilancarkan. Terlalu banyak tenaga dikerahkan sehingga bola melambung tinggi.

Gerard Deulofeu tampil gemilang dalam laga ini. Bintang Spanyol itu menciptakan beberapa peluang untuk Bacca dan Lapadula. Nama pertama gagal memanfaatkan peluangnya, sementara sepakan Lapadula dari jarak dekat malah meleset di samping gawang.

Gerard Deulofeu Milan Bologna Serie A

Lini depan Milan tampak terburu-buru dalam bermain sehingga deretan peluang sia-sia. Eks striker Pescara itu mendapat dua kesempatan beruntun di pengujung laga. Pertama, ia sukses merebut backpass lemah dari Godfred Donsah. Kedua, bola liar berhasil dikuasai di kotak penalti. Tak satu pun dari kesempatan itu yang membuahkan tembakan ke gawang.

Untuk menambah kreativitas, Montella memasukkan Matias Fernandez di babak kedua. Gelandang Cile itu jarang mendapat kesempata bermain musim ini, tapi justru diberi menit bermain pada laga penutup.

Adapun ketajaman Rossoneri tak bertambah signifikan. Bacca dan Lapadula sama-sama kurang dingin di depan gawang. Montella kembali melakukan pergantian, menggantikan Bacca dengan Keisuke Honda.

SIMAK JUGA – Milan Tertarik Rekrut Modric

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-69. Matias Fernandez jadi arsitek yang melambungkan umpan kepada Deulofeu. Tanpa pikir panjang, gelandang didikan La Masia itu melepas tendangan voli yang mengoyak gawang Bologna.

Empat menit berselang, giliran Honda yang menggoyang gawang Bologna. Playmaker Jepang itu mengeksekusi tendangan bebas dengan akurat. Antonio Mirante bereaksi tepat waktu, namun jangkauannya gagal mencapai bola.

Sebagai penutup, Lapadula ikut mencantumkan namanya di papan skor. Striker Italia itu bekerja sama dengan Fernandez untuk menjebol gawang Mirante sekali lagi.