Kalah Telak Dari Indonesia U-16, Filipina U-16 Akui Kelelahan

Hanya punya waktu persiapan singkat dan bahkan sempat tertahan enam jam di bandara membuat skuat Filipina U-16 tidak dalam kondisi terbaik.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Pelatih timnas Filipina U-16 Emelio Caligdong mengakui jika kebugaran pemain menjadi faktor yang membuat timnya kalah telak 4-0 di tangan Indonesia U-16 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (21/5) petang WIB.

Filipina memang bermain buruk di partai uji coba internasional itu, dengan langsung kebobolan tiga gol dalam 25 menit pertama. Indonesia kemudian menambah satu gol lagi di babak kedua, sementara Filipina gagal mencetak satu gol pun.

SIMAK JUGA: Timnas Indonesia U-16 Lumat Filipina

Ditanya apakah Filipina dilanda kelelahan karena perjalanan jauh, Caligdong mengiyakannya. “Benar kami kelelahan,” katanya dalam jumpa pers selepas pertandingan.

“Kami baru tiba di Indonesia dua hari yang lalu. Tengah malam berangkat dari Filipina, kemudian transit di Bali dan di sana kami harus menunggu enam jam di bandara sebelum bisa ke Yogyakarta. Tapi saya sudah senang melihat performa para pemain dalam kondisi seperti ini,” katanya.

“Kami hanya memiliki sembilan hari persiapan. Ada beberapa pemain yang tidak bisa dipanggil karena harus sekolah. Tapi ini bukan berarti kami cari-cari alasan. Ini menjadi pelajaran bagi para pemain untuk  pertandingan away,” imbuhnya.