Jose Mourinho: Gagal Juara Liga Europa Bukan Berarti Musim Manchester United Buruk

Menurut sang manajer, Manchester United tidak menjalani musim 2016/17 dengan buruk meski nantinya kalah dari Ajax di final Liga Europa.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Manajer Manchester United Jose Mourinho menegaskan kekalahan di final Liga Europa tidak akan menjadi penentu apakah musim ini berjalan sukses atau gagal bagi timnya, meski mereka juga telah dipastikan gagal finis di posisi empat besar dalam klasemen Liga Primer Inggris.

Kekalahan 2-1 dari Tottenham Hotspur pada Minggu (14/5) membuat kesempatan United untuk lolos ke Liga Champions musim depan lewat posisi di liga domestik tertutup. 

SIMAK JUGA: Catatan Kemenangan Terendah Manchester United

United akan finis di peringkat enam pada musim pertama Mourinho menangani klub, tapi The Red Devils telah berhasil menjuarai Piala Liga (EFL) dan berpeluang menambah perolehan gelar juaranya musim ini saat menghadapi Ajax di final Liga Europa Rabu pekan depan.

Kemenangan pada laga yang akan berlangsung di Stockholm itu juga akan membuka jalan bagi United untuk tampil di Liga Champions musim depan. Tapi sang mantan manajer Chelsea itu menegaskan tidak akan membuat satu laga tersebut sebagai kesimpulan dari perjuangan mereka sepanjang musim ini.

SIMAK JUGA – Robbie Savage: Gagal Juara Liga Europa, Berarti Jose Mourinho Flop

“Saya paham, dari sudut pandang pers dan perspektif Anda menganggapnya [final Liga Europa] sebagai berita utama yang besar,” ujar Mourinho kepada Sky Sports setelah laga kontra Southampton dalam ajang Liga Primer, Kamis (18/5) dini hari WIB, yang berakhir imbang 0-0.

“Saya paham kami berada di final dan berpeluang kembali ke Liga Champions, itu akan membuat perbedaan yang besar bagi Anda semua untuk menganalisis berjalannya musim ini bagi suatu tim.”

SIMAK JUGA: Kalah Di Final Liga Europa, Manchester United Bakal “Dihukum” Adidas

“Tapi saya paham apa yang telah saya dan para pemain berikan. Dari perspektif kami, kami tidak akan terima satu gol, satu penyelamatan, menjadi hal yang akan menentukan di suatu final, yang menentukan adalah apakah kami bermain bagus atau buruk.”

“Saya pikir kami telah memberikan segalanya yang kami bisa, kami berjuang menghadapai banyak situasi sulit dan saya bangga kepada para pemain apa pun yang terjadi,” kata manajer asal Portugal tersebut.