Jangan Ragukan Ronaldo, Jangan Pernah Ragukan Ronaldo

Jika Antoine Griezmann dipasang banderol €100 juta, berapa nilai Cristiano Ronaldo yang sesungguhnya?


OLEH   Peter Staunton       PENYUSUN    Gunawan Widyantara       Ikuti di twitter


Untuk kedua kali dalam satu musim, superstar Real Madrid Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick ke gawang Atletico Madrid. 

Dia tersenyum, mengisyaratkan siulan dengan jari, lalu menggoyang-goyangkannya sebagai isyarat pada publik Santiago Bernabeu yang mudah kehilangan kesabaran: ‘Jangan ragukan saya!’ 

Laporan Pertandingan: Real Madrid 3-0 Atletico Madrid

35 gol sejauh ini dianggap banyak orang sebagai pencapaian ‘rata-rata’ bagi pemain sekelas Ronaldo, tetapi total pemain Portugal ini telah menyumbang 42 hat-trick untuk Real Madrid, 50 gol fase gugur Liga Champions plus 13 gol semi-final di kompetisi antarklub paling elit Eropa. Sebuah catatan yang melebihi siapapun. 

atletico madrid real madrid ronaldo griezmann

Dan Ronaldo sekarang di ambang membawa lagi Real Madrid ke tangga juara Liga Champions. 

Statistik anyar langsung bermunculan ketika Ronaldo mencetak gol pertama ke gawang Atleti. Pemain ini baru saja mencetak gol ke-101 Liga Champions di mana Atletico Madrid hanya sanggup mencatat 100 sepanjang sejarah klub itu berdiri. Tidak lama kemudian gol ke-102 dan 103 hadir, membuat Bernabeu bergemuruh sementara Atletico masih menggeluti 100 golnya dan tersudut di lapangan.

MAN OF THE MATCH Real Madrid 3-0 Atletico Madrid: Cristiano Ronaldo

Los Rojiblancos punya catatan buruk setiap bertemu dengan El Real di kompetisi Eropa. Besar kemungkinan musim ini adalah kali keempat langkah mereka dihentikan Los Blancos di Liga Champions. 

Seperti halnya punya rekor buruk di hadapan Real, Atleti juga punya kecenderungan memupuk phobia pada Ronaldo – di mana setiap golnya sekarang, selalu melahirkan rekor baru, standar baru. 

Enam bulan absen menjebol gawang di Liga Champions, Ronaldo mengakhiri pacekliknya dengan lima gol ke gawang Bayern Munich di dua leg pertandingan – bukan ke gawang klub biasa tetapi tim Jerman ini dianggap sebagai salah satu kekuatan terbesar di Eropa sekarang ini. Peringatan keras bagi semua rival, Ronaldo sudah kembali ke kemampuan terbaiknya.

Cristiano Ronaldo Lucas Vazquez Real Madrid Atletico Champions League 02052017

Dan baru saja kegemilangan itu terulang di Bernabeu, Ronaldo kembali memperlihatkan performa top dan sekarang mungkin berstatus sebagai ujung tombak nomor satu di dunia. 

Ketika Karim Benzema ditarik keluar digantikan Lucas Vazquez, hanya Keylor Navas dan para pemain pengganti Madrid Nacho dan Marcos Asensio yang menyentuh bola lebih sedikit dari Ronaldo. 

Sang superstar tidak lagi merajalela lapangan seperti dahulu tetapi sekarang soal bagaimana dia mengolah si kulit bundar ketika menguasainya.

Ini Rekor Terbaru Cristiano Ronaldo Di Liga Champions

Punya ambisi balas dendam dan lolos ke final, rencana permainan Atletico berantakan sementara Madrid tidak henti mengirimkan bola pada Ronaldo dan sang pemain andalan tidak mengecewakan.

Di sisi lapangan lain, ada pemilik nomor 7 yang disebut-sebut sebagai calon pemain terbaik dunia tetapi kali ini dia minim kontribusi, Antoine Griezmann bisa dikatakan tidak lebih dari penonton tambahan aksi Ronaldo.

Perbedaan performa antara Ronaldo dan Griezmann jelas terlihat meskipun tidak juga fair menyalahkan kekalahan Atleti pada sang penyerang Prancis semata mengingat performa skuat Diego Simeone memang jauh di bawah standar.

Berdasar performa Madrid secara keseluruhan musim ini, logika mengatakan berhadapan dengan Atletico yang sedang bersemangat skuat Zidane akan terpeleset karena terlalu mengandalkan kegemilangan individu ketimbang penampilan kolektif untuk memenangkan pertandingan dan melanjutkan momentum. 

Sebelum pertandingan muncul juga klaim lainnya yang mengatakan Atleti bakal dihajar masalah psikologis di hadapan Madrid, tetapi sejatinya tim ini terlalu terorganisasi dan terlalu tangguh untuk tak berdaya begitu saja. Andai saja bisa meredam pergerakan Ronaldo, kans mereka pasti terjaga.

“Menyenangkan punya pemain seperti Ronaldo, Anda bisa punya pertahanan bagus, Anda juga bisa menguasai lini tengah tetapi pada akhirnya butuh penyerang untuk mencetak gol dan meraih kemenangan,” kata Kroos di BT Sport.

Ini Rekor Terbaru Cristiano Ronaldo Di Liga Champions

“Begitulah pekerjaan Ronaldo. Dia mencetak lima gol di perempat-final dan hari ini tiga. Luar biasa dan sangat penting bagi kami.”

Ini hat-trick beruntun Liga Champions, tidak main-main lawannya bukan Malmo, Legia Warsawa atau Shakhtar Donetsk – tetapi Bayern dan Atletico. 

Memang benar, Zidane dan Ronaldo punya kegemaran mematahkan logika. Madrid tampil perkasa di semua lini layaknya sebuah tim untuk disempurnakan eksekusi Ronaldo.

Hat-trick kedua Ronaldo musim ini ke gawang skuat Diego Simeone yang terkenal dengan pertahanan kokohnya di seantero dunia sudah tercipta. Jangan ragukan Ronaldo, jangan pernah ragukan Ronaldo.

Footer Goal Indonesia Instagram