Final Pertama Manchester United Di Liga Europa

Untuk ketiga kalinya tim asal Inggris akan berjumpa dengan tim asal Belanda di final kompetisi Eropa.


OLEH    HAPPY SUSANTO     Ikuti di twitter


Manchester United akhirnya memastikan diri lolos ke final Liga Europa untuk pertama kalinya dalam sejarah setelah menyingkirkan Celta Vigo dengan keunggulan agregat 2-1.

Pertandingan leg kedua semi-final di Old Trafford, Jumat (12/5) dini hari WIB, berakhir imbang 1-1. The Red Devils mengantungi keunggulan 1-0 di leg pertama di markas Celta Vigo pada pekan lalu.

Tuan rumah sempat unggul lewat tandukan Marouane Fellaini, namun bisa disamakan Facundo Roncaglia di sisa lima menit terakhir. Beruntung, tim asal La Liga Spanyol itu gagal mencetak gol penentu kemenangan.

SIMAK JUGA – Laporan Pertandingan: Manchester United 1-1 Celta Vigo (Agregat 2-1)

United akan berjumpa dengan Ajax, yang menyingkirkan Olympique Lyon, di partai final, yang akan berlangsung di Stockholm pada 24 Mei mendatang.

Bagi United, ini adalah final Eropa yang ketujuh sepanjang sejarah mereka dan yang pertama sejak Liga Champions musim 2010/11 kontra Barcelona, ketika masih ditangani legenda Sir Alex Ferguson.

Ini adalah untuk ketiga kalinya tim asal Inggris akan berjumpa dengan tim asal Belanda di final kompetisi Eropa. Sebelumnya, Tottenham Hotspur pernah berjumpa dengan Feyenoord pada 1974 dan Ipswich kontra AZ Alkmaar pada 1981, keduanya terjadi di Piala UEFA.

SIMAK JUGA – Jose Mourinho: Manchester United Berjuang Hingga Akhir

United lolos ke final dari masing-masing tiga semi-final di kompetisi Eropa, sebelumnya lawan Arsenal pada 2008/09 dan Schalke pada 2010/11, keduanya di ajang Liga Champions.

Ajax baru sekali meraih gelar Liga Europa (ketika masih berformat Piala UEFA), dengan mengalahkan Torino pada musim 1991/92.