Cristiano Ronaldo Bisa Disewa Secara Pribadi

Sebuah buku tentang rahasia bisnis sepakbola mengungkap bahwa bintang utama Real Madrid tersebut bisa disewa untuk kepentingan pribadi.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Kontroversi kembali merebak di dunia sepakbola, setelah sebuah buku bertajuk Football Leaks: The Dirty Business of Football baru saja dirilis di Jerman.

Banyak kasus soal bisnis sepakbola yang tak diketahui khalayak diungkap di sana. Salah satu yang paling jadi sorotan adalah dugaan bisnis sampingan oleh pemain terbaik dunia empat kali milik Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

SIMAK JUGA: Opini Ronaldo Soal Final UCL

Seperti dilansir Bild, top skor sepanjang masa Liga Champions itu disebut tak hanya bisa disewa untuk kepentingan produk komersil, tapi juga secara pribadi! Biayanya tak main-main, karena sang penyewa wajib merogoh kocek hingga £920 ribu untuk pertemuan selama empat setengah jam

Jumlah yang jelas luar biasa, karena gaji pokok Ronaldo di Madrid sendiri per pekannya ‘hanya’ £400 ribu. Prestasi kapten Timnas Portugal yang mewah baik di level individu atau kelompok disebut sebagai alasan hadirnya harga sewa tinggi tersebut.

SIMAK JUGA: Di Balik Adu Mulut Torres & Ronaldo

Nantinya sang penyewa akan memiliki waktu khusus bersama Ronaldo. Entah untuk mengobrol soal sepakbola, berfoto bersama, atau hanya sekadar meminta tanda tangan untuk beberapa barang milik si penyewa. Tentunya pertemuan itu hanya dibatasi selama empat setengah jam.

Football Leaks: The Dirty Business of Football sendiri merupakan buah karya dari dua jurnalis senior media terkemuka Jerman, Der Spiegel, yakni Michael Wulzinger dan Rafael Buschmann.