Claudio Ranieri: Antonio Conte Kian Harumkan Sepakbola Italia Di Inggris

Eks bos Leicester City ini ikut bangga setelah menyerahkan tongkat estafet juara Liga Primer kepada kompatriotnya.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Claudio Ranieri menilai, keberhasilan Antonio Conte membawa Chelsea juara Liga Primer Inggris 2016/17 adalah bukti bahwa sepakbola Italia, dalam hal ini para manajer asal negara tersebut, semakin diakui kehebatannya.  

Conte menyegel titel liga dalam musim debutnya di Inggris setelah mengantar Chelsea menang 1-0 atas West Bromwich Albion, Jumat (12/5), yang memastikan perolehan poin The Blues tidak terkejar di puncak klasemen. Eks juru taktik Juventus itu mampu membangkitkan Chelsea dari keterpurukan setelah musim lalu finis di peringkat kesepuluh.

Ia menjadi manajer keempat asal Italia yang memenangi Liga Primer setelah Carlo Ancelotti, Roberto Mancini, dan Ranieri. Nama terakhir bahkan mampu mengejutkan dunia dengan menjadi juara bersama tim semenjana Leicester City di musim lalu sebelum dipecat pada Februari lalu. Ranieri pun menilai kesuksesan Conte di musim ini kian mengharumkan sepakbola Italia.

SIMAK JUGA: Juara EPL, Conte Cetak Rekor Spektakuler

“Saya bangga bisa menyerahkan tongkat estafet juara Liga Primer kepada Antonio Conte: dari orang Italia ke orang Italia. Ini adalah sebuah pengakuan akan sekolah kepelatihan kami [Italia],” kata Ranieri kepada La Gazzetta dello Sport, Sabtu (13/5).

“Setelah dongeng saya di Leicester, dimulailah petualangan hebat Chelsea ini. Tidak mudah untuk menjadi juara di kesempatan perdana, tetapi Conte telah melewati semua ujian yang ada: mampu mengurus tim dengan baik, memiliki hubungan yang baik dengan pihak luar, termasuk media. Kinerja seorang manajer di sebuah klub memang tidak terbantahkan,” jelasnya.

Chelsea akan mengakhiri musim ini dengan berduel kontra Watford dan Sunderland sebelum menantang Arsenal di final Piala FA.