Arsenal & Arsene Wenger Gapai Status Legenda Piala FA

The Gunners boleh saja gagal finis empat besar di Liga Primer, namun mereka mengukir dua rekor baru di Piala FA.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


“Karena jodoh tidak akan ke mana.” Pepatah percintaan itu dengan tepat menggambarkan perjalanan Arsenal di musim ini.

The Gunners harus rela tidak mentas di Liga Champions musim depan setelah hanya finis di peringkat kelima Liga Primer Inggris 2016/717. Ibarat orang pacaran yang kerap mengalami pasang-surut, Arsenal untuk sementara “putus hubungan” dengan Liga Champions – kejadian pertama dalam dua dekade terakhir.

Walau begitu, Arsenal tidak perlu lama-lama larut dalam kesedihan. “Pacar” baru langsung hadir di penghujung musim dalam wujud trofi Piala FA. Ya, Arsenal baru saja memastikan gelar Piala FA seusai membungkam Chelsea dengan skor 2-1 di Wembley, Sabtu (27/5).

SIMAK JUGA: Laporan Pertandingan: Arsenal 2-1 Chelsea

Gol-gol Alexis Sanchez dan Aaron Ramsey memastikan Arsenal mengakhiri musim ini dengan kepala tegak. Piala FA menjadi obat kekecewaan bagi Arsenal setelah terlempar dari empat besar Liga Primer untuk pertama kali di era manajer Arsene Wenger.

Itu adalah gelar Piala FA ke-13 sepanjang sejarah Arsenal sekaligus titel ketujuh Wenger di kompetisi ini. Arsenal dan Wenger kini sah menjadi klub dan manajer tersukses di Piala FA. Merekalah sang legenda Piala FA. Barangkali Arsenal dan Wenger memang berjodoh dengan ajang ini.

GFXID Arsenal Wenger FA Cup

Arsenal kini melewati koleksi 12 trofi Piala FA milik Manchester United, sang juara bertahan musim lalu. Koleksi gelar The Gunners juga unggul jauh atas rival-rival lain seperti Tottenham Hotspur (8), Liverpool (7), dan Chelsea (7).

Kisah sukses Wenger di Piala FA dimulai di musim 1997/98, kemudian berpuncak di awal milenium (2002-2005) dan empat tahun terakhir (2014-2017). Dalam dua periode itu, Wenger sukses memenangi tiga trofi dalam empat musim.

Dengan total tujuh trofi, Wenger melewati torehan George Ramsay (6), manajer Aston Villa yang eksis di akhir abad 19 hingga awal abad 20, dan juga manajer legendaris United Sir Alex Ferguson (5).

SIMAK JUGA: Wenger: Saatnya Nikmati Titel Piala FA

Tinggal satu pertanyaan tersisa, yakni apakah status legenda Piala FA ini sudah cukup untuk membuat Wenger bertahan di musim depan. Jawabannya akan segera muncul pada tengah pekan ini.

“Saya akan mengadakan pertemuan dengan dewan direksi klub pada Selasa besok [untuk membahas masa depan saya]. Dan pada Rabu besok, situasinya akan jelas,” kata manajer berusia 67 tahun itu.