Antonio Conte: Sistem Tiga Bek Jadi Kunci Juara Chelsea

Manajer The Blues ini memuji para pemainnya yang mampu beradaptasi cepat terhadap perubahan taktik.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Kunci utama keberhasilan Chelsea menjadi kampiun Liga Primer Inggris 2016/17, menurut sang manajer Antonio Conte, adalah kemampuan para pemainnya dalam menerapkan sistem tiga bek secara fasih dan cepat.

Chelsea mengawali musim dengan formasi empat bek, namun rentetan hasil buruk di awal musim membuat Conte melakukan perubahan radikal. Sistem tiga bek pun dipilih sejak bulan Oktober dan terbukti sukses besar hingga akhir musim. The Blues kembali ke puncak sepakbola Inggris di musim ini sekaligus menghapus kampanye memalukan di musim lalu.

SIMAK JUGA: Conte: Saya Sukses Karena Serie A

“Perubahan ini sangat penting karena kami menemukan keseimbangan yang tepat dan setiap pemain menikmatinya. Itulah momen kunci kami di musim ini,” kata Conte kepada Sky Sports selepas seremoni penyerahan trofi juara kepada Chelsea, Minggu (21/5).

“Saya harus merasa puas karena para pemain tidak pernah bermain dengan sistem ini namun mampu beradaptasi dengan baik. Tidak mudah untuk mengubah sistem bermain dari empat bek ke tiga bek. Tetapi saya memiliki para pemain yang hebat,” pujinya.

2017-05-22-premier-chelsea

Chelsea kini berkesempatan merengkuh gelar ganda, dengan final Piala FA kontra Arsenal menanti mereka di Wembley pada Sabtu (27/5) mendatang. Namun, Conte mengaku tidak menyangka timnya bisa berada di posisi seperti sekarang ini.

“Sulit membayangkan pencapaian ini di awal musim – memenangi liga dan lolos ke final Piala FA. Namun berkat kerja keras, kami mampu meraihnya. Inilah saat yang tepat untuk menikmati pencapaian ini bersama fans,” imbuhnya.