Angel Gomes Bangga Jadi Pemain Termuda Manchester United Setelah Duncan Edwards

Pemain muda Manchester United itu bangga bisa melakoni debut sekaligus mengikuti jejak legenda klub, saat bermain di laga kontra Crystal Palace.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI     Ikuti di twitter


Angel Gomes merasa terhormat bisa menjadi pemain termuda yang tampil memperkuat tim utama Manchester United setelah legenda klub Duncan Edwards.

Pemain berkebangsaan Inggris yang memiliki darah keturunan Portugal-Angola itu resmi memainkan laga debut pada usia 16 tahun 8 bulan dan 21 hari. Gomes masuk menggantikan Wayne Rooney pada menit ke-88 di laga kontra Crystal Palace, Minggu (21/5).

Gomes tercatat sebagai pemain kelahiran 2000 pertama yang bermain di ajang Liga Primer Inggris. Sepupu dari mantan pemain United, Nani, itu juga menjadi pemain termuda yang pernah tampil membela klub setelah Edwards yang melakoni debutnya pada 1953. Kala itu ia berusia 16 tahun 6 bulan dan 3 hari. 

SIMAK JUGA: Angel Gomes Jadi Debutan Termuda Manchester United Di Liga Primer Inggris

Sayang karir Edwards yang merupakan salah satu talenta muda terbaik di United kala itu  tidak berlangsung lama karena ia turut menjadi korban dalam tragedi kecelakaan pesawat di Munich pada 6 Februari 1958.

“Duncan Edwards adalah pemain hebat dan seorang legenda United,” ujar Gomes kepada MUTV.

“Dia mulai bermain sejak usia muda dan merupakan sebuah kehormatan bisa menjadi yang termuda setelahnya.”

SIMAK JUGA: Angel Gomes, Cristiano Ronaldo & Debutan Termuda Manchester United Di Liga Primer Inggris

Gomes menjalani pekan yang istimewa, ia terpilih sebagai pemain terbaik di tim junior United musim ini — pemain termuda dalam sejarah yang pernah mendapatkan penghargaan itu — sebelum masuk dalam daftar skuat tim utama asuhan Jose Mourinho untuk laga pekan terakhir Liga Primer Inggris musim ini kontra Palace.

“Tentu ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya telah berada di sini sejak masih berusia enam tahun, dan berjuang untuk mewujudkan apa yang menjadi impian semua orang,” tambahnya.

“Saya ingin berterima kasih pada sang manajer yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berada di bangku cadangan dan kemudian bermain, serta semua staf yang berada di klub ini, dan semua yang telah membantu saya.”