Agenda Pramusim 2017: Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur kembali menjadi penantang serius dalam perburuan gelar Liga Primer Inggris, mereka berhasil finis lebih baik dari musim lalu.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Sebelum melakoni laga terakhirnya di Liga Primer Inggris musim ini, Tottenham Hotspur telah dipastikan finis sebagai runner-up. Sebuah pencapaian yang lebih baik dibanding musim lalu ketika hanya mampu finis di posisi ketiga.

Meski sudah tidak menentukan, tim asuhan Mauricio Pochettino tetap tampil garang di laga pekan terakhir Liga Primer kontra tim yang akan turun kasta musim depan Hull City, Minggu (21/5).

Harry Kane Tottenham

Berlaga di markas lawan KCOM Stadium, Spurs berhasil menang telak 7-1. Harry Kane kembali sukses mencatatkan hat-trick setelah di laga sebelumya penyerang berusia 23 tahun itu bahkan sukses mencetak empat gol saat menang 6-1 kontra Leicester City, Kamis (18/5).

SIMAK JUGA: Spurs Pesta Gol Di Kandang Hull

Dengan perolehan 29 gol, Kane berhasil menjadi top scorer Liga Primer dalam dua musim secara beruntun. Dalam dua musim beruntun juga, Spurs kembali menjadi pesaing terdekat dari sang juara Liga Primer. 

Jika musim lalu mereka masih punya peluang juara hingga pekan ke-36 (imbang 2-2 kontra Chelsea, sehingga Leicester dipastikan juara), musim ini mereka juga masih punya kesempatan menjadi juara sebelum takluk 1-0 dari West Ham United di laga pekan ke-35. Setelah kekalahan itu Chelsea hanya butuh tiga poin untuk juara dan berhasil meraihnya di markas West Bromwich Albion dalam laga yang berakhir 1-0, Jumat (12/5).

SIMAK JUGA – Agenda Pramusim 2017: Arsenal

Musim ini ada beberapa pencapaian hebat yang Spurs ciptakan meski belum berhasil meraih trofi. Sejak 22 tahun berlalu (musim 1994/95) mereka akhirnya mampu kembali finis di atas sang rival sesama klub asal London Utara Arsenal, yang musim ini finis di posisi kelima, terburuk sejak ditangani Arsene Wenger.

Tottenham fans Arsene Wenger Arsenal

Musim ini juga menjadi yang terakhir bagi Spurs bermarkas di White Hart Lane, mereka mampu memberikan perpisahan yang indah pada laga terakhirnya di sana. Gol Vincent Wanyama dan Kane membawa timnya menang 2-1 atas Manchester United yang hanya mampu membalas lewat gol Wayne Rooney, Minggu (14/5).

SIMAK JUGA – Agenda Pramusim 2017: Manchester United

Harry Kane Tottenham v Man United

Spurs juga berhasil tak terkalahkan di White Hart Lane sepanjang kompetisi Liga Primer musim ini. Mereka berhasil mencatatkan 17 kemenangan dan hanya dua kali imbang di sana. Mereka hanya kalah empat kali di kompetisi teratas Inggris sepanjang musim ini dan semua terjadi di kandang lawan.

Di kompetisi domestik lainnya Spurs tidak terlalu maksmimal. Mereka hanya melangkah hingga putaran empat Piala Liga setelah disingkirkan Liverpool, dan takluk di semi-final Piala FA dari Chelsea.

Sebagai tim yang finis di peringkat tiga musim lalu Spurs juga berlaga di fase grup Liga Champions, tapi di ajang tersebut mereka menggelar laga kandang di Stadion Wembley, karena White Hart Lane tidak dapat memenuhi beberapa regulasi yang ditetapkan UEFA untuk menggelar laga antarklub Eropa.

SIMAK JUGA – Agenda Pramusim 2017: Liverpool

Karena hal itu nampaknya aura positif White Hart Lane yang membuat Spurs tampil bagus di Liga Primer tidak nampak di kompetisi antarklub Eropa. Mereka gagal total di Liga Champions.

Spurs kesulitan meraih kemenangan di Wembley. Di fase grup Liga Champions mereka kalah dua kali di sana dan hanya menang satu kali saat unggul 3-1 atas CSKA Moskwa. Sulitnya meraih kemenangan di kandang membuat mereka hanya finis di peringkat ketiga Grup E Liga Champions 2016/17, sehingga mereka akan melanjutkan perjalanannya di Eropa dengan tampil di babak 32 besar Liga Europa.

Sayangnya di kompetisi yang biasa disebut sebagai kasta kedua di Eropa itu Spurs juga gagal melaju lebih jauh karena kalah agregat 3-2 dari klub Belgia Gent. Lagi-lagi mereka gagal menang pada laga kandang. 

Tottenham Gent Harry Kane

Spurs hanya mampu bermain 2-2 di Wembley pada laga leg kedua, setelah kalah 1-0 di kandang Gent.

SIMAK JUGA – Agenda Pramusim 2017: Manchester City

Menarik dinantikan apakah kutukan Wembley akan berlangsung musim depan bagi Spurs. Mereka akan menggunakan markas timnas Inggris itu baik di kompetisi domestik maupun Eropa sepanjang musim 2017/18.

Spurs akan bermain di sana musim depan sebelum menempati stadion baru yang baru bisa dipakai untuk musim 2018/19. Stadion baru itu akan bisa menampung hingga 61.000 suporter atau hampir dua kali lipat dari kapasitas White Hart Lane yang hanya 36.284 kursi.

Tottenham Hotspur Stadium Plans

Sebelum menyongsong era baru di stadion baru yang akan berdiri berdekatan dari lokasi White Hart Lane yang sudah dirobohkan itu, Pochettino akan menghadapi masa transisi yang nampaknya akan semakin berat musim depan.

Level Spurs kian meningkat setelah dua musim beruntun lolos langsung ke fase grup Liga Champions. Jadwal pramusim mereka menunjukkan upaya untuk membiasakan diri menghadapi klub papan atas Eropa lainnya.

Tottenham Hotspur Pramusim 2017

Spurs akan berlaga di turnamen pramusim yang melibatkan klub-klub raksasa Eropa, International Champions Cup. Mereka akan melakoni tiga laga uji coba di Amerika Serikat. 

Tim asuhan Pochettino akan menghadapi raksasa Ligue 1 Prancis Paris Saint-Germain di Florida, klub papan atas Serie A Italia AS Roma di New Jersey, serta klub rival di papan atas liga Primer Manchester City di Tennessee.

Namun sebelum tur ke negeri Paman Sam di bulan Juli, Spurs akan lebih dulu melakukan promosi di wilayah Asia. Mereka belum bisa berlibur karena, kurang dari satu pekan setelah laga terakhir di Liga Primer kontra Hull, mereka akan menjalani laga uji coba di Hong Kong kontra klub lokal Kitchee SC pada Jumat (26/5).

Kitchee to play Tottenham in 26th May in Hong Kong Stadium.

Sebelum menjalani laga uji coba tersebut skuat Spurs akan lebih dulu berkunjung ke Korea Selatan pada 23-25 Mei untuk melakukan promosi dan jumpa fans yang diselenggarkan pihak sponsor klub. 

Spurs tentu menjadi klub yang spesial di negara itu karena mereka memiliki pemain asal negara tersebut, Son Heung-Min, yang tampil hebat dengan perolehan 21 gol dan 10 assist dalam 47 laga di semua kompetisi musim ini.

Menghadapi musim depan tentu Spurs akan kembali diprediksi menjadi penantang serius dalam meraih gelar juara Liga Primer setelah apa yang mereka tunjukkan dua musim terakhir.

SIMAK JUGA: Tottenham Hotspur Targetkan Juara Liga Primer Inggris Beberapa Musim Ke Depan

Pochettino sudah menetapkan targetnya, ia ingin membawa Spurs menjadi juara dalam beberapa musim mendatang. Manajer asal Argentina itu sudah tiga musim membentuk fondasi klub dan jika berhasil mempertahankan para pemain andalannya ditambah beberapa rekrutan yang pas, target tersebut akan segera tercapai.

Spurs telah memiliki skuat yang tidak bisa dianggap remeh. Mereka punya kiper andalan timnas Prancis Hugo Lloris, Dua full-back terbaik Inggris Kyle Walker, dan Danny Rose. Serta duet bek tengah timnas Belgia Jan Vertonghen dengan Toby Alderweireld.

Tottenham Hotspur

Mereka juga punya Eric Dier yang bisa bermain di berbagai posisi di lini belakang maupun tengah. Di lini tengah mereka punya kekuatan dalam diri Vincent Wanyama dan Mousa Dembele. Adapula Christian Eriksen sang raja assist Spurs (15 di Liga Primer 2016/17), Dele Alli yang masih bisa berkembang menjadi lebih baik, serta ketajaman Son dan Kane sebagai ujung tombak.

Tambahan pemain baru untuk menambah kedalaman skuat nampaknya perlu Spurs lakukan agar bisa menjuarai Liga Primer atau bersaing lebih baik di berbagai kompetisi lainnya musim depan.

Dalam menyambut musim baru tidak hanya tentang menambah kekuatan skuat yang menjadi perhatian, tapi juga jersey baru.

@SpursInTheBlood possible new Spurs kit, found it over in turkey. Normally bob on pic.twitter.com/J5QKn6R6FX

— Dann Tomkins (@DannnnnT) 18 April 2017

Spurs telah menuntaskan kontrak berdurasi lima musim dengan perusahaan apparel asal Amerika Serikat Under Armour. Pada musim 2017/18 mereka akan beralih pada Nike.

Sejauh ini belum ada pengumuman resmi tentang jersey baru Spurs untuk mengarungi musim depan. Namun ada bocoran yang beredar di media sosial yang memperlihatkan jersey baru mereka nampak mirip dengan timnas Inggris.

Spurs akan memulai musim depan saat Liga Primer 2017/18  resmi digelar pada 12 dan 13 Agustus 2017. Jadwal selengkapnya baru akan diumumkan pihak liga pada 14 Juni mendatang.