Agenda Pramusim 2017: Juventus

Juventus akan disibukkan dengan kunjungan ke Meksiko dan Amerika Serikat dalam agenda tur pramusim 2017 nanti.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Jika akhirnya berhasil memenangkan final Liga Champions di Cardiff Stadium nanti, Juventus resmi menjalani musim terbaik dalam sejarah emasnya. Hal itu terjadi setelah mereka sukses memastikan hat-trick Coppa Italia dan Scudetto keenam beruntun, yang belum pernah dilakukan klub Italia manapun.

Andai itu benar-benar terjadi, tentu akan sulit buat Juve menyamai prestasi tersebut dalam waktu dekat apalagi musim depan. Walaupun tentu segalanya bisa terjadi di sepakbola.

Walau begitu Juve setidaknya bisa menjalani musim depan tetap dengan rapor yang baik. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, persiapan di masa pramusim akan sangat krusial utamanya untuk kebugaran para pemain menyambut musim baru.

SIMAK JUGA: Juve Di Ambang Kesempurnaan

Manajemen Juve tampak sudah sangat mempersiapkan agenda pramusim mereka, dengan sangat baik. Di awal 2017 lalu, I Bianconeri memastikan diri ikut dalam turnamen pramusim bergengsi International Champions Cup (ICC) 2017, di Amerika Serikat.

Selasa (23/5), Juve kemudian resmi menambah agenda pramusimnya jadi lebih padat dengan adanya kunjungan ke Meksiko, guna ikuti turnamen Supercopa Tecate 2017. Itu dilakukan sebelum Si Nyonya Tua bertolak ke Negeri Paman Sam.

Setelahnya Juve diyakini akan mengundang satu atau dua tim papan tengah liga top Eropa ke Italia, untuk beruji coba. Terakhir, La Vecchia Signora bakal jalani tradisinya berduel internal kontra tim primaveranya, sepekan sebelum Serie A Italia dimulai.

Diprediksi akan memulai pemusatan latihannya di Vinovo usai jalani libur musim panas pada 9 Juli, sepekan berselang Juve dijadwalkan bertolak ke Meksiko. Seperti dijelaskan sebelumnya, di Negeri Sombrero Tim Hitam Putih akan mengikuti Supercopa Tecate 2017.

Ada dua pertandingan yang harus dilakoni, pertama melawan Monterrey (18/7) kemudian ladeni perlawanan juara Liga MX Meksiko, Tigres, sehari berselang. Setelahnya La Vecchia Signora terbang ke Amerika Serikat untuk ICC 2017.

Sederet lawan berkelas menanti Juve, dalam tiga partai yang wajib dijalani. Pertama hadapi Barcelona (23/7), kemudian Paris Saint-Germain (27/7), dan terakhir AS Roma (31/7). Bentrok melawan Barca paling dinanti, karena sang lawan bertekad membalas dendam kekalahan telak di perempat-final Liga Champions lalu.

Terakhir Juve dijadwalkan menggelar laga eksebisi tahunan kontra tim primaveranya. Belum dikonfirmasi kapan memang, tapi laga itu diyakini bakal dilangsungkan pada 13 Agustus atau sepekan sebelum Serie A musim 2017/18 dilangsungkan.

Ups patut diingat pula bahwa pramusim nanti akan berlipat kepentinganya, jika Juve keluar sebagai juara Liga Champions musim ini. Artinya pada Agustus, La Vecchia Omcidi akan dihadapkan dengan agenda super padat.

Selain memulai perjuangan di Serie A, Juve juga harus lakoni duel menentukan di Piala Super Italia 2017. Selain itu Piala Super Eropa 2017 pun menanti.

Menyinggung jersey baru, Juve sendiri belum resmi merilisnya. Namun bocoran sudah didapat berkat blunder Juan Cuadrado di akun Instagram resminya bulan lalu, dengan kenakan jersey baru klubnya.

Tampak bahwa jersey utama Juve musim depan tampak jauh lebih sederhana, dengan garis vertikal hitam lebih banyak dari model jersey musim ini. Logo baru klub berlambang “J” juga mulai digunakan musim depan.