Agenda Pramusim 2017: Inter Milan

Uji coba menghadapi klub top Eropa di Tiongkok dan Singapura wajib dimanfaatkan secara maksimal oleh Inter Milan untuk persiapan musim depan.


OLEH   TEGAR PARAMARTHA     Ikuti di twitter


Musim 2016/17 sudah dipastikan berantakan bagi Inter Milan. Nihil trofi dan gagal ke pentas Eropa untuk musim depan menjadi pengalaman pahit yang harus ditelan oleh seluruh penggawa klub.

Persiapan menuju musim baru bisa dibilang krusial bagi Nerazzurri demi meraih hasil yang lebih baik, meski sampai saat ini pelatih kepala untuk 2017/18 juga masih abu-abu.

Diego Simeone, dikabarkan telah memutuskan untuk tetap bertahan di Atletico Madrid musim depan, sementara Antonio Conte akan sulit menyebrang ke Giuseppe Meazza mengingat sejarahnya dengan Juventus, rival terbesar La Beneamata. Opsi terbaru adalah Luciano Spalletti, sosok berkepala plontos itu masih menukangi AS Roma, namun kontraknya akan berakhir musim panas ini.

Bagaimanapun juga, siapapun pelatih kepala Inter nanti, beberapa agenda pertandingan untuk pramusim sudah disusun. Seperti tahun lalu, Inter akan kembali berpartisipasi di International Champions Cup, sebuah ajang persahabatan yang mempertemukan klub-klub raksasa Eropa.

Steven Jovetic Inter PSG

Nerazzurri akan mengawali kiprah mereka di Tiongkok, dengan jadwal menghadapi AC Milan, namun Derby della Madonnina itu akhirnya batal karena Rossoneri harus menjalani laga kualifikasi Liga Europa. Pihak panpel telah mengonfirmasi hal tersebut, dan memastikan Inter akan tetap berlaga sesuai jadwal.

“AC Milan tidak bisa berpartisipasi pada pertandingan yang sudah dijadwalkan menghadapi Inter Milan di Nanjing pada 24 Juli,” tulis rilis  resmi turnamen. “Panpel dalam tahap final untuk mendatangkan tim pengganti yang berkualitas tinggi untuk bergabung ke ICC di Tiongkok dan menghadapi Inter.”

Hanya satu pertandingan yang dijalani Inter di negeri Tirai Bambu, setelah itu mereka terbang ke Asia Tenggara, lebih tepatnya Singapura, ditunggu juara Liga Primer Inggris, Chelsea, dan juara Bundesliga Jerman, Bayern Munich.

Nerazzurri akan beradu jago dengan wakil Jerman pada 27 Juli, sebelum menantang skuat asuhan Antonio Conte (jika ia tidak hengkang ke Inter) dua hari berselang.

GFXID Inter Milan - Pramusim 2017

Ajang pramusim di Asia tersebut akan menjadi modal berharga bagi Inter untuk memadukan visi dan misi antara pelatih baru dan para pemain, sebelum kembali bertarung di kasta tertinggi Serie A Italia pada 19 Agustus mendatang.

“ICC sangat penting dan alasan yang membuat kami terbang jauh dari Italia bervariasi,” ungkap legenda Inter, Francesco Toldo. “Penting bagi kami untuk bermain dan dekat dengan fans lokal. Pertandingan melawan tim seperti ini (Chelsea dan Bayern) membuat perjalanan jauh menjadi sebanding.

“Kami juga memiliki banyak fans di sini, Inter memiliki lebih dari 163 juta fans di Asia Pasifik, jadi sangat penting bagi klub untuk datang dan bermain di negara-negara ini.”

Fans Inter AC Milan derby

Sejauh ini, baru ajang ICC 2017 yang dipastikan akan digeluti oleh Inter. Namun, bukan berarti tidak ada pertandingan uji coba lain yang akan dilakukan. Tahun lalu, selain ICC, Nerazzurri juga beruji tanding melawan Tottenham, Estudiantes, Monchengladbach hingga berpartisipasi dalam Trofeo Casino Marbella di Spanyol.

Yang paling penting bagi Inter, tidak boleh lagi ada penunjukkan mendadak seperti tahun lalu, di mana Roberto Mancini didepak karena hasil buruk di International Champions Cup 2016 sehingga kemudian mengangkat Frank De Boer dua pekan sebelum liga bergulir. 

Kesalahan tahun lalu wajib jadi pembelajaran dan manajemen harus bergerak cepat menunjuk pelatih anyar agar chemistry dengan para pemain bisa terbangun dengan kukuh, agar tidak ada lagi alasan bagi Nerazzurri untuk dipermalukan oleh diri sendiri.