Agenda Pramusim 2017: Bayern Munich

Tur pramusim Bayern Munich tahun ini mencakup kunjungan ke Singapura, di mana klub akan memainkan dua laga ulangan final Liga Champions 2010 dan 2012.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


Kemenangan telak 4-1 atas SC Freiburg menutup perjalanan Bayern Munich di gelaran 2016/17. Rekor baru juara Bundesliga Jerman lima kali berturut-turut berhasil diraih, tetapi tantangan lebih besar menunggu The Bavarians pada musim mendatang.

Ekspektasi sekaligus tekanan di pundak Carlo Ancelotti akan meningkat untuk mempersembahkan trofi Liga Champions setelah terhenti di perempat-final dalam kampanye debutnya, dan Bayern juga harus menghadapi babak baru tanpa Philipp Lahm.

Bersama gelandang veteran Xabi Alonso dan kiper Tom Starke, sang kapten memutuskan gantung sepatu untuk mengakhiri lebih dari dua dasawarsa pengabdiannya. Laga kontra Freiburg kemarin menandai momen perpisahan trio tersebut dengan publik Allianz Arena.

PERPISAHAN MERIAH DI ALLIANZ ARENA

Pramusim yang baik dapat menjadi salah satu faktor penting yang mendorong klub ke arah kesuksesan saat musim kompetitif dimulai. Tahun ini Die Roten telah menyusun agenda lumayan padat mengisi periode persiapan ini.

Sedikitnya delapan pertandingan eksebisi masuk rencana pramusim skuat Ancelotti, yang dipastikan kedatangan minimal dua wajah baru Sebastian Rudy dan Niklas Sule pada jendela transfer musim panas. Keduanya sama-sama dipinang dari Hoffenheim.

Bayern Munich Preseason

Laga pemanasan pertama Bayern mentas 15 Juli saat mereka mengikuti turnamen Telekom Cup bersama tuan rumah Borussia Monchengladbach, juga Hoffenheim dan Werder Bremen. Besar kemungkinan pasukan Bavaria belum kembali lengkap di kancah ini.

Sebab, sebelumnya ada perhelatan Piala Konfederasi 2017 di Rusia yang berlangsung dari pertengahan Juni sampai awal Juli di Rusia. Selain pemain-pemain internasional Jerman, Bayern memiliki kontingen Cile (Arturo Vidal) serta Portugal (Renato Sanches) yang hampir pasti dipanggil membela negara masing-masing.

Selepas Telekom Cup, Die Rekordmeister bertolak ke mancanegara untuk ambil bagian dalam International Champions Cup. Berbeda dari tahun kemarin kala tim singgah ke Amerika Serikat, kali ini destinasi tur pramusim Bayern adalah Asia.

Arsenal dan AC Milan menjadi lawan Bayern di Tiongkok, sebelum mereka terbang ke Singapura. Di negara tetangga Indonesia itu akan hadir dua partai ulangan final Liga Champions 2010 dan 2012. Raksasa Bavaria bertanding melawan Chelsea pada 25 Juli sebelum meladeni Inter dua hari berselang.

Bayern kemudian pulang ke Jerman guna menjadi tuan rumah ajang dua tahunan Audi Cup di Allianz Arena pada awal Agustus. Rival kelas berat lagi-lagi meramaikan hajatan ini, di antaranya Liverpool dan Atletico Madrid telah dipastikan menjadi kontestan.

FC Bayern Home Kit 2017/2018

Arena kompetitif di musim anyar mulai diarungi oleh Die Roten pada 5 Agustus dalam laga DFL-Supercup menghadapi Borussia Dortmund atau Eintracht Frankfurt, dan hanya berjarak sepekan partai ronde pertama DFB-Pokal 2017/18 bakal mentas.

Adapun start edisi terbaru Bundesliga jatuh pada 18 Agustus mendatang. Jersey utama yang terinspirasi oleh seragam klub era 70-an dan telah mulai digunakan kontra Freiburg tadi malam akan mengiringi perjalanan The Bavarians sepanjang musim depan.