Agenda Pramusim 2017: Barcelona

El Clasico dalam balutan turnamen musim panas International Champions Cup (ICC) 2017, jadi agenda pramusim terbesar Barcelona jelang kampanye 2017/18.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR      Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Secara keseluruhan Barcelona harus diakui tak menjalani musim 2016/17 sesuai standarnya. Ya, “sesuai standar” a la tim sekaliber Blaugrana bukan berarti buruk.

Sekalipun gagal pertahankan gelar La Liga Spanyol musim ini di jornada pamungkas dan tersingkir di perempat-final Liga Champions, Barca masih hasilkan trofi untuk padati lemari gelarnya yang terus membesar.

Piala Super Spanyol 2016 sukses Barca menangi dengan unggul agregat 5-0 atas Sevilla. Mereka pun berhasil melenggang ke babak final Copa del Rey hadapi Deportivo Alaves, yang akan dihelat 27 Mei nanti.

SIMAK JUGA: Barca Gagal Pertahankan La Liga

Namun dengan tuntutan besar di setiap musimnya, manajemen Barca jelas harus memutar otak untuk mengembalikan kejayaan Barca baik di Spanyol maupun Eropa musim depan.

Selain geliat di bursa transfer musim panas, pramusim jelas jadi agenda awal paling krusial untuk memulainya. Apalagi Barca akan dilatih nakhoda baru musim depan, setelah Luis Enrique memastikan mundur di akhir musim ini.

Berbicara mengenai pramusim jelang kampanye 2017/18 yang lebih baik, Barca dihadapkan pada agenda yang cukup padat. Hal itu terjadi seturut keputusan mereka kembali ikuti turnamen musim panas International Champions Cup (ICC) 2017 di Amerika Serikat.

Salah satunya adalah duel yang paling dinanti jagat sepakbola dunia, yakni El Clasico hadapi rival abadinya, Real Madrid.

El Clasico sendiri baru akan dihelat pada 30 Juli nanti, di Hard Rock Stadium, Miami. Duel itu merupakan puncak dari tur Barca di Negeri Paman Sam selama setidaknya satu setengah pekan.

Sebelum El Clasico, Barca dihadapkan pada bentrok sulit lainnya dengan dimulai melawan Juventus pada 23 Juli di MetLife Stadium, New Jersey. Ini bisa jadi ajang balas dendam Azulgrana, yang pada Maret lalu disingkirkan I Bianconeri di perempat-final Liga Champions.

Tiga hari berselang raksasa Inggris yang tengah tertidur, Manchester United, menanti. Duel ini menjanjikan kucuran dana berlimpah, menilik basis suporter kedua tim yang begitu besar di seluruh dunia.

Setelah lakoni tur di Amerika Serikat, beredar kabar bahwa Barca berminat melanjutkan agenda pramusimnya dengan kunjungi beberapa negara di Asia. Sayang belum Ada konfirmasi dan itu juga tergantung dari kebijakan pelatih anyar.

Setelah jalani pramusim, Barca berpotensi kembali lakoni El Clasico di Piala Super Spanyol 2017 yang akan dihelat pada medio Agustus. Duel itu akan terjadi jika Los Cules sukses jadi kampiun Copa del Rey musim ini, yang nantinya bakal dihadapkan dengan juara La Liga, Madrid.

Setelah itu Barca akan gelar duel persahabatan tahunan, Trofi Joan Gamper. Di partai itu mereka bakal menghadapi Chapecoense, yang diundang demi hormati tragedi kecelakaan pesawat yang nyaris merenggut seluruh anggota klub asal Brasil tersebut. Sayang belum diumumkan kapan pertandingan digelar, tapi diprediksi terlaksana pada akhir Agustus.

Untuk jersey baru sendiri, Barca belum merilisnya secara resmi. Namun Goal Spanyol belakangan sukses mengungkapnya, dengan jersey utama bakal lebih banyak menampilkan gris vertikal dengan sponsor baru asal Jepang, Rakuten.