Umuh Muchtar Tegaskan Persib Bandung Tak Bersalah

Umuh mengaku Persib tidak akan memainkan Essien dan Cole jika tak mendapat lampu hijau dari PT LIB dan PSSI.


OLEH   DONNY AFRONI


Manajer Umuh Muchtar menegaskan Persib Bandung tidak melakukan kesalahan apapun terkait dimainkannya Michael Essien dan Carlton Cole dalam laga pembuka Liga 1 2017 melawan Arema FC akhir pekan kemarin, kendati belum memiliki kartu izin tinggal terbatas (KITAS).

Dimainkannya Essien dan Cole di laga itu membuat Badan Olahraga Profesional (BOPI) berencana melayangkan surat teguran kepada operator Liga 1 2017, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

SIMAK JUGA: Syarat Pengajuan KITAS Essien & Cole Masih Belum Lengkap

Umuh menyatakan, mereka tidak akan memainkan Essien dan Cole jika tak mendapat lampu hijau dari PT LIB dan PSSI. Namun Umuh mengakui penyelesaian KITAS kedua pemain itu masih dalam proses.

Umuh menambahkan, manajemen Persib sudah mengajukan proses KITAS sejak awal April, namun pihak imigrasi belum memberikan respons. Penyelesaian KITAS diperkirakan memakan waktu satu hingga dua bulan.

SIMAK JUGA: Masalah KITAS Essien & Cole, Imigrasi Bandung Panggil Persib

“Tegurnya jangan ke Persib, tapi ke PSSI, karena kami sudah sesuai dengan aturan [rekomendasi PT LIB dan PSSI], walaupun sekarang suratnya belum turun,” cetus Umuh dinukil laman Simamaung.

“Harusnya juga yang tegur imigrasi. Imigrasinya juga tanya baik-baik ke kami sudah sesuai dengan aturan. Sekarang saya jawab, saya sudah membuat surat, tapi belum ada jawaban sampai saat ini. Prosedur sudah ditempuh dari pihak PSSI, tidak ada masalah, ya saya jalan saja.”

SIMAK JUGA: BOPI Akan Laporkan Essien & Cole Ke Ditjen Imigrasi

Sementara itu, pelatih Djadjang Nurdjaman enggan terpengaruh dengan masalah KITAS Essien dan Cole. Pria yang akrab disapa Djanur ini memilih fokus menyiapkan tim menghadapi PS TNI. Penggawa Persib kembali menjalani latihan tadi sore di Stadion Arcamanik.

“Hari ini kami mulai persiapan. Kami punya waktu tiga hari latihan, besok dan Rabu. Kamis harus sudah berangkat ke Pakansari. Persiapan normal seperti biasa, sampai saat ini yang kami turunkan kemarin termasuk yang belum turun dalam keadaan siap,” tutur Djanur.