Tommy Winata Percaya Sepakbola Indonesia Bisa Jadi Industri Besar

Tapi TW mengingatkan agar sepakbola di Indonesia dikelola dulu secara baik agar bisa menjadi industri besar.


OLEH  MUHAMMAD RIDWAN


Pegusaha ternama Indonesia, Tommy Winata, tampak mendampingi mantan presiden Barcelona Joan Laporta dan pemilik Valencia Peter Lim saat menyambangi latihan PS TNI di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur pada Minggu (2/4). Selain mereka ada hadir juga Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Tommy pun menjelaskan kedatangannya bukanlah menjadi salah satu investor yang bakal menamamkan modalnya ke PS TNI yang bakal berkiprah di Liga 1. Pria berusia 58 tahun tersebut menuturkan kalau kedatangannya adalah untuk memenuhi undangan yang diberikan oleh Gatot Nurmantyo.

SIMAK JUGA: PS TNI Minta Masukkan Dari Eks Presiden Barcelona & Bos Valencia

Tommy pun menuturkan belum mempunyai pemikiran membeli klub yang ada di Indonesia. Meskipun ia mengaku klub-klub di Tanah Air memiliki modal yang bagus untuk menjadi industri yang besar karena penggemarnya yang banyak.  

“Saya sekarang doain klub untuk maju. Saya kira kemungkinan bisa saja [industri besar]. Namanya juga pedagang. Tapi paling pertama produknya bagus dulu, top di Asia, baru bisa bicara bisnis,” kata Tommy. 

SIMAK JUGA: Fondasi Pemain Indonesia Belum Kuat

Pria yang karib disapa TW tersebut berharap dengan kedatangan Joan Laporta bisa membuat sepakbola nasional menjadi lebih baik lagi. Itu karena ia merasa Laporta memiliki pengalaman yang banyak sehingga bisa diserap oleh klub dan PSSI.

“Dia ini (Laporta) banyak pengalamannya. Saya minta ahli-ahli bola Indonesia menyerap ilmu dia. Sebab beliau bisa memberikan kepelatihan di Barcelona dan ambil hikmahnya,” ucapnya.