REVIEW La Liga Spanyol: Valencia Menangkan Drama Lima Gol

Pertandingan sengit terjadi di antara tim papan tengah La Liga, Valencia berhasil menaklukkan Celta Vigo dalam dalam drama lima gol di Mestalla.


OLEH DIMAS PANJI SETYADI   Ikuti di twitter


Valencia berhasil meraih tiga poin di kandang mereka setelah sukses mengalahkan Celta Vigo 3-2 dalam laga lanjutan La Liga Spanyol, Jumat (7/4) dini hari WIB.

Berlaga di Estadio Mestalla, tim asuhan Voro itu sempat tertinggal lebih dulu di awal laga.

Kedua tim langsung berbalas serangan di menit-menit awal laga, namun tim tamu Celta Vigo berhasil unggul ketika pertandingan memasuki menit ke-16.

SIMAK JUGA: Hasil Pertandingan La Liga Spanyol Pekan Ini

Berawal dari situasi tendangan bebas, Daniel Wass melepas umpan silang yang sukses disambut oleh sundulan bek Celta Vigo Gustavo Cabral di muka gawang Valencia. Kiper tim tuan rumah Diego Alves gagal menyelematkan gawangnya.

Celta Vigo sempat terus mengancam gawang Valencia. Namun pada menit ke-38, tim tuan rumah justru berhasil menyamakan kedudukan.

Gelandang Valencia Daniel Parejo sukses mencetak gol lewat tendangan dari tengah kotak penalti lawan setelah mendapatkan umpan matang dari Joao Cancelo.

Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir. Di babak kedua upaya saling serang terus terjadi, namun Valencia mulai mendominasi.

Valencia pun akhirnya berhasil berbalik unggul lewat gol Munir El Haddadi pada menit ke-67. Mendapatkan umpan silang dari Toni Lato, mantan pemain Barcelona itu sukses menjebol gawang Celta yang dijaga Sergio Alvarez lewat tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti.

Keunggulan tersebut sempat sirna ketika laga sudah memasuki menit ke-80. Celta kembali membuat kedudukan imbang lewat gol penalti Iago Aspas yang terjadi setelah gelandang Valencia Carlos Soler melanggarnya di area terlarang.

Valencia belum menyerah meski laga tidak menyisakan banyak waktu lagi. Upaya mereka membuahkan hasil saat laga memasuki menit ke-86. Carlos Soler membayar kesalahannya lewat gol kemenangan yang ia cetak empat menit sebelum waktu normal berakhir.

Carlos Soler Valencia Celta La Liga

Umpan terobosan Enzo Perez berhasil Soler selesaikan dengan indah. Ia mencungkil bola dari luar kotak penalti yang tak mampu diantisipasi kiper Celta. 

Valencia pun berhasil mengakhiri laga dengan keunggulan 3-2. Kemenangan itu menjadi yang kesepuluh bagi mereka, dan membuat mereka naik ke peringkat 12 klasemen sementara. Dari 30 laga yang telah dijalani tim asuhan Voro itu mengumpulkan 36 poin.

Sementara di laga yang berlangsung sebelumnya, tuan rumah Eibar behasil menaklukkan Las Palmas 3-1.

Gol pembuka di laga yang berlangsung di Estadio Municipal de Ipurúa itu tercipta lewat aksi Bebe pada menit ke-14.

Mantan pemain Manchester United itu berhasil lolos dari penjagaan bek lawan dan berhasil menuntaskan umpan lambung Luna dari lini belakang. 

Sepuluh menit berselang, Eibar sukses menambah keunggulannya. Bek tengah Las Palmas Aythami Artiles yang berupaya mengantisipasi umpan silang lawan malah membelokkan bola ke gawangnya sendiri.

Las Palmas sempat berhasil memperkecil ketertinggalan lewat tendangan bebas yang indah dari bek mereka Mauricio Lemos.

3 – No player has scored most free kick goals this season in La Liga than Mauricio Lemos. Cannon pic.twitter.com/OVl65rHwqa

— OptaJose (@OptaJose) 6 April 2017

Gol tersebut adalah yang ketiga dari pemain asal Uruguay itu yang tercipta lewat tendangan bebas. Lemos tercatat sebagai pemain yang paling sering mencetak gol lewat tendangan bebas di ajang La Liga sepanjang  musim ini.

Eibar berhasil kembali unggul dua gol setelah Adrian Gonzalez sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti pada menit ke-66.

Tim tuan rumah mendapatkan hadiah penalti setelah pemain Las Palmas David Simon terlihat melakukan tarikan kepada penyerang Eibar Kike Garcia di area terlarang.

SIMAK JUGA: Klasemen La Liga Spanyol 2016/17

Gol itu menjadi yang terakhir di laga tersebut. Eibar berhasil memenangkan dua laga terakhirnya sedangkan bagi Las Palmas ini menjadi kekalahan kedua beruntun di ajang La Liga.

Eibar kini menempati peringkat delapan klasemen sementara dengan perolehan 47 poin dari 30 laga, sementara Las Palmas turun ke posisi 13 dengan raihan 35 poin.