REVIEW La Liga Spanyol: Tren Positif Valencia Berlanjut, Eibar Tembus Zona Eropa

Dua gol Simone Zaza ke gawang Granada membawa Los Che memetik tiga kemenangan beruntun. Sementara Eibar sukses menyodok enam besar.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Valencia terus melanjutkan tren positifnya setelah sukses melibas tuan rumah Granada 3-1, Minggu (9/4), dalam lanjutan pekan ke-31 La Liga Spanyol. Ini menjadi kemenangan ketiga beruntun yang diraih Los Che dan membuat mereka mantap bercokol di peringkat ke-12. Sementara Granada semakin terpuruk di peringkat kedua dari bawah.

Voro dan pasukannya layak berterima kasih kepada Simone Zaza yang mencetak dua gol pembuka. Gol pertama Zaza tercipta di menit ke-19 lewat tandukannya menyambut umpan silang Martin Montoya. Hanya dua menit berselang, penyerang Italia itu menambah keunggulan lewat sontekannya menyambar assist Santi Mina.

SIMAK JUGA: Klasemen La Liga

Di awal babak kedua, giliran Santi Mina yang masuk ke papan skor seusai menuntaskan crossing Carlos Soler. Granada sempat memperkecil keadaan lewat aksi individual Ezequiel Ponce di menit ke-65, namun tetap tidak mampu menolong timnya dari kekalahan.

Di tempat lain, Eibar menyegel statusnya sebagai salah satu kuda hitam La Liga musim ini setelah sanggup menundukkan tuan rumah Celta Vigo dengan skor meyakinkan 2-0.

Gol kemenangan Eibar di Balaidos tercipta di masing-masing babak melalui Kike dan Pedro Leon. Hasil ini membuat tim yang baru promosi ke La Liga pada 2014 tersebut melejit ke peringkat keenam alias sudah berada di zona Liga Europa. Sementara Celta masih bercokol di urutan ke-10.

Pedro Leon Celta Eibar La LigaPedro Leon bawa Eibar melejit ke enam besar.

Tepat dua poin bawah Celta, terdapat Las Palmas yang pada pekan ini mencatatkan kemenangan telak 4-1 atas tamunya, Real Betis.

Sempat hanya unggul satu gol di paruh pertama lewat gol voli Vicente Gomez, Las Palmas mengamuk di babak kedua dengan mencetak tiga gol tambahan melalui Kevin-Prince Boateng, Jonathan Viera, dan dipungkasi oleh penalti Jese Rodriguez. Betis hanya sanggup mencetak gol hiburan melalui Rafa Navarro dua menit jelang bubaran.

Sementara itu, pertarungan di papan bawah memanas setelah tim juru kunci Osasuna mampu menggasak tamunya Leganes 2-1. Tertinggal lebih dulu akibat gol Dimitris Siovas, Osasuna bangkit lewat dua gol yang dicetak Sergio Leon. Kemenangan ini tidak mengubah posisi buncit Osasuna, namun mereka tinggal berjarak tujuh poin dari Leganes yang duduk satu tingkat di atas zona merah.