REVIEW Bundesliga Jerman: RB Leipzig Segel Tiket Liga Champions

Klub promosi Bundesliga ini dipastikan finis di zona empat besar setelah melumat Freiburg empat gol tanpa balas.


OLEH   DEDE SUGITA     Ikuti di twitter


RB Leipzig dipastikan merebut tiket Liga Champions 2017/18 seturut pesta empat gol tanpa balas tatkala menjamu SC Freiburg di Red Bull Arena pada laga pekan 29 Bundesliga Jerman, Sabtu (15/4).

Kemenangan telak 4-0 ini lahir berkat gol-gol dari empat penggawa berbeda. Yussuf Poulsen memecahkan kebuntuan sebelum Timo Werner membawa Die Roten Bullen menyudahi babak pertama dengan keunggulan 2-0. Sesudah interval Naby Keita dan Diego Demme ikut masuk papan skor.

Menabung 61 poin, anak buah Ralph Hasenhuttl yang saat ini menempati posisi runner-up paling pahit akan finis keempat. Mereka mustahil terkejar oleh peringkat kelima Hertha Berlin (43) di sisa lima pertandingan. Meski disokong modal kuat, pencapaian Leipzig tetap istimewa mengingat ini adalah kampanye debut mereka berpartisipasi di kasta teratas Jerman.

Werner dkk. juga masih punya peluang juara walaupun sangat tipis. Kini Leipzig terpaut tujuh poin dari pemuncak Bayern Munich, yang baru akan bermain seusai pertandingan ini.

KLASEMEN BUNDESLIGA JERMAN

Sementara itu, TSG Hoffenheim semakin dekat mengikuti jejak Leipzig mengamankan jatah ke UCL setelah memenangi drama delapan gol melawan Borussia Monchengladbach di WIRSOL Rhein-Neckar-Arena.

1899 Hoffenheim 15042017

Sepasang gol Adam Szalai menghasilkan keunggulan 2-0 untuk Hoffe, namun gol-gol dari Jannik Vestergaard dan Lars Stindl dalam jarak hanya empat menit membuat kedudukan imbang 2-2. Kerem Demirbay serta pemain pengganti Mark Uth kembali menghadirkan margin dua gol buat tuan rumah. Gladbach tidak langsung menyerah dan mampu mengurangi defisit melalui aksi Mahmoud Dahoud. Akan tetapi, gol Kerem Demirbay semenit sebelum bubaran memastikan Hoffenheim berjaya dengan skor 5-3.

VfL Wolfsburg menyudahi catatan tanpa kemenangan dalam tiga pertandingan dengan menghantam telak tim papan bawah Ingolstadt 3-0. Yunus Malli dan Mario Gomez sama-sama mencetak gol ke gawang Orjan Nyland di babak kedua setelah bunuh diri Markus Suttner “menghadiahkan” gol pembuka untuk Die Wolfe tepat jelang turun istirahat.

Mainz 05 Hertha 15042017 Latza

Di OPEL ARENA, aksi bunuh diri bek Hertha Berlin asal Amerika Serikat John Brooks memberikan kemenangan 1-0 dan tiga poin untuk tuan rumah Mainz. Hasil ini krusial mempertahankan Mainz di zona aman, dan secara efektif mengubur peluang Hertha mencapai zona Liga Champions.

Laga antara Augsburg dan Koln di WWK Arena juga berakhir tipis dengan kemenangan 2-1 untuk kubu tuan rumah, yang harus mengakhiri pertandingan dengan hanya sembilan personel. Martin Hinteregger membuka angka sebelum eksekusi penalti Paul Verhaegh menggandakan skor 2-0. Bunuh diri Philipp Max sempat memberikan harapan untuk Koln di paruh kedua, namun mereka tak mampu mendapatkan gol penyeimbang kendati Augsburg kehilangan Koo Ja-Cheol dan Alfred Finnbogason yang diusir wasit pada menit-menit terakhir laga.