REVIEW Bundesliga Jerman: RB Leipzig Kukuh Di Posisi Kedua

Kemenangan ketat 3-2 atas Mainz 05 membuat RB Leipzig kukuh di peringkat kedua dengan keunggulan empat poin dari rival terdekat.


OLEH   ANUGERAH PAMUJI     Ikuti di twitter


 

RB Leipzig kian kukuh di posisi runner-up berkat kemenangan tipis, 3-2, atas Mainz 05 di Opel Arena.

Sabitzer dan Werner memberi keunggulan ganda bagi Leipzig di awal-awal babak kedua sebelum Jairo Samperio memperkecil keadaan. Namun, gol balasan ini rupanya tak cukup memompa spirit anak-anak Mainz hingga harus kembali tertinggal marjin dua gol setelah Keita mencatatkan namanya di papan skor. Di masa injury-time, Muto membawa Mainz memperkecil lagi ketinggalan menjadi 3-2, yang sekaligus menjadi penutup laga.

Hasil ini menjadikan Leipzig mengoleksi 55 poin, unggul empat angka dari rival terdekat di posisi ketiga dan terpaut sepuluh poin dari posisi puncak yang dikuasai Bayern Munich. Ada pun Mainz merosot ke peringkat 15 dengan nilai 29.

Skor identik juga menghiasi laga antara Augsburg dan Ingolstadt, di mana tim tamu mencuri poin di WWK Arena.

Sempat unggul tiga bola melalui aksi-aksi brilian Kittel dan dwigol Cohen, perlahan tuan rumah bangkit lewat sentuhan Verhaegh dan Halil Altintop. Sayang, kurangnya waktu membuat Augsburg harus mengakhiri laga dengan kekalahan 3-2.

Dengan demikian, Ingolstadt kini mengantungi 25 poin, namun masih belum mampu keluar dari jerat degradasi di posisi ke-17, sedang Augsburg berada di atasnya dengan masih lebih unggul empat poin.

SIMAK JUGA: Kramaric Bungkam Bayern Munich

Freiburg pun berhasil mempecundangi Wolfsburg di kandang sendiri, Volkswagen Arena. Tim tamu meraup kemenangan minimalis, 1-0.

Satu-satunya gol dalam laga ini dikemas Niederlechner saat pertandingan tersisa 12 menit lagi. Raihan tripoin menjadikan Freiburg mendekat ke zona terakhir Liga Europa dengan hanya berjarak dua poin dari spot itu, sedang Wolfsburg tetap berada di urutan ke-13 dengan mengumpulkan 30 angka.

Beralih ke Borussia Park, kemenangan minimalis juga dipetik Borussia M’gladbach saat menjamu Hertha Berlin.

Benes menjadi pahlawan berkat gol semata wayangnya di menit ke-16, yang bertahan hingga wasit meniup peliut panjang. M’gladbach kini memperbaiki posisi dengan menempati urutan kesembilan dengan perolehan 36 angka. Ada pun Hertha jatuh ke tangga keenam dengan nilai 40 poin.

Sementara itu, Bayer Leverkusen tak kesulitan mendulang poin sempurna di Stadion Bollenfalltor, markas Darmstadt 98. Brandt dan Volland tampil heroik lewat masing-masing golnya yang memastikan kemenangan dua gol tanpa balas bagi tim tamu.

Leverkusen kini naik ke posisi separuh tabel Bundesliga dengan menghimpun 35 angka, sedang Darmstadt 98 masih terpaku di dasar klasemen dengan perolean 15 poin.