REVIEW Bundesliga Jerman: Quat-Trick Max Kruse Lambungkan Werder Bremen

Sempat tertinggal dua kali dari Ingolstadt, Bremen bangkit berkat aksi sensasional Kruse untuk memanaskan persaingan di zona Eropa.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Tren positif Werder Bremen terus berlanjut pada pekan ke-30 Bundesliga Jerman setelah sukses melibas tuan rumah Ingolstadt 4-2, Sabtu (22/4) malam WIB. Kemenangan yang menandai catatan tak terkalahkan Bremen dalam sepuluh laga ini tidak akan terjadi tanpa jasa penyerang mereka, Max Kruse, yang sukses mengemas empat gol!

Meski demikian, Bremen tidak memetik hasil ini dengan mudah, sebab mereka sempat dua kali tertinggal akibat gol voli Dario Lezcano dan penalti Pascal Gross. Namun, Kruse mampu dua kali menyamakan skor lewat penalti di penghujung babak pertama dan sebuah sontekan di menit ke-82. Laga yang tampaknya akan berakhir imbang akhirnya dibuyarkan Kruse ketika ia mampu menceploskan bola dari luar kotak penalti tiga menit jelang bubaran.

Eks penyerang Wolfsburg itu kemudian membikin quat-trick di masa injury time, dengan menceploskan bola ke gawang kosong setelah kiper Ingolstadt Martin Hansen terlambat kembali ke sarangnya setelah maju ke kotak penalti Bremen untuk menyambut sepak pojok. Hasil ini membuat Bremen melejit ke peringkat enam alias berada di zona Liga Europa, sementara Ingolstadt masih terpuruk di posisi kedua dari bawah.

SIMAK JUGA: Klasemen Bundesliga Jerman

Kegagalan Ingolstadt meraih poin untungnya juga diikuti oleh tiga tim di atasnya — Wolfsburg, Hamburg dan Augsburg — sehingga mereka masih berpeluang keluar dari zona merah. Wolfsburg dibekap tim zona Eropa Hertha Berlin 1-0, Hamburg secara mengecewakan keok 2-1 di kandang sendiri oleh tim peringkat buncit Darmstadt, sementara Augsburg takluk 3-1 di kandang Eintracht Frankfurt.

Darmstadt sebenarnya hampir pasti terdegradasi, namun mereka mampu memperpanjang napas berkat penampilan efektif di markas Hamburg. Di saat tuan rumah menyia-nyiakan sejumlah peluang,  Darmstadt mampu mencetak dua gol dalam tempo tiga menit di awal babak kedua melalui aksi Aytac Sulu dan Felix Platte. Hamburg baru bisa mengemas gol di masa injury time lewat gol bunuh diri Fabian Holland.

Hamburger SV Darmstadt 98

marco fabian eintracht frankfurt bundesliga 042217

Kekalahan Augsburg dari Frankfurt juga tidak kalah mengecewakan, karena mereka sempat unggul lebih dulu lewat gol cepat Jeffrey Gouweleeuw dan mampu mempertahankan keunggulan ini hingga pertengahan babak kedua. Akan tetapi, Augsburg tiba-tiba kolaps di 12 menit pamungkas laga, seiring Frankfurt bangkit dengan menceploskan tiga gol.

Marco Fabian mengawali kebangkitan Frankfurt lewat gol tandukannya. Gelandang Meksiko itu kemudian mencetak gol keduanya tiga menit jelang bubaran dan membuat publik tuan rumah bersorak kegirangan. Ante Rebic kemudian menyempurnakan kemenangan timnya memanfaatkan sebuah blunder backpass. Ini adalah tripoin perdana Die Adler sejak Februari.

Adapun Wolfsburg kalah tipis akibat gol tunggal Vedad Ibisevic yang mampu menuntaskan umpan silang cantik dari Alexander Esswein di menit ke-59. Dengan demikian, Wolfsburg, Hamburg, dan Augsburg masih tertahan di peringkat 14-16 dan ketiganya hanya dipisahkan selisih satu poin, sementara Ingolstadt berada lima poin di bawahnya.

Malli Kalou Wolfsburg Hertha