Regulasi Pergantian Pemain Rawan Trik

McMenemy menyatakan, tim yang sudah unggul bisa memanfaatkan pergantian pemain di masa injury time.


OLEH   DONNY AFRONI


Regulasi pergantian lima pemain kembali menghadirkan pro-kontra. Kali ini kritikan dilontarkan pelatih Bhayangkara FC Simon McMenemy yang menganggap regulasi itu rawan trik menjelang pertandingan berakhir.

McMenemy mengungkapkan, ia tidak mengetahui manfaat dari regulasi tersebut untuk pertandingan. Menurutnya, tim akan memanfaatkan aturan itu guna membuang waktu di masa injury time.

SIMAK JUGA: Manajer Klub Jadi Pencetus Regulasi Pergantian Pemain

Juru taktik asal Inggris ini berkaca dari kebiasaan tim di Indonesia yang sudah unggul untuk melakukan pergantian pemain di menit akhir. Pemanfaatan itu bahkan dilakukan dengan aturan pergantian tiga pemain.

SIMAK JUGA: Aturan Pergantian Pemain Dianggap Aneh

“Saya tidak tahu apa manfaat regulasi pergantian pemain ini. Namun kita semua tahu, ada tim-tim yang sengaja mengulur-ulur waktu dengan kondisi mereka telah unggul. Ini sangat menguntungkan,” kata McMenemy dikutip laman Surya.

“Dengan pergantian tiga pemain saja sudah banyak yang memanfaatkan itu, belum banyak kiper yang pura-pura cedera, apalagi pergantian lima pemain? Semoga ketakutan saya ini tidak benar.”