PT LIB Larang Pemain Tanpa KITAS Bermain Di Liga 1

Hal tersebut terjadi karena PT LIB ingin mengikuti peraturan yang ada.


OLEH  MUHAMMAD RIDWAN


PT Liga Indonesia Baru (LIB) menuruti keinginan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang melarang pemain asing yang tidak memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) bermain di Liga 1. Ini karena mereka merasa hal tersebut sudah tertuang dalam undang-undang.

Oleh karena itu, PT LIB menegaskan klub harus melaporkan KITAS para pemain yang mereka kontrak di musim ini. Hal ini disampaikan chief operation officer (COO) PT LIB Tigorshalom Boboy selepas melakukan pertemuan dengan BOPI di kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (4/4).

SIMAK JUGA: PT LIB Tak Bisa Patuhi ‘Deadline’ Yang Diminta BOPI

“Untuk Kitas, kami commit-lah. Kalau tidak ada Kitas pemain asing tidak boleh main karena kita ini bicara bahwa liga harus patuh kepada hukum negara” kata Tigor.

Meski begitu, Tigor menyatakan hingga saat ini belum mengetahui secara jelas berapa klub yang pemain asingnya sudah memiliki KITAS. Ia menuturkan dalam beberapa hari ke depan akan diketahui setelah melakukan pendataan baru dilaporkan ke BOPI.

SIMAK JUGA: BOPI Pastikan Pemain Asing Tanpa KITAS Tak Bisa Bermain Di Liga 1

“Kami belum bisa jawab sekarang karena masih ada proses pendaftaran online dan harus kita cek setiap update itu. Jadi teman-teman diminta bersabar untuk 1-2 hari ke depan,” ucapnya.

“Tetapi terakhir ada tiga klub yang baru melakukan pendaftaran pemain tetapi saya belum cek pemain asingnya. Tiga klub itu PSM Makassar, Persela Lamongan, Persib Bandung. Ya, semua masih dalam proses. Hanya kami pastikan pemain yang tidak punya KITAS itu tidak akan kami sahkan,” ia menambahkan.