PREVIEW Serie A Italia: Napoli – Juventus

Napoli yang merupakan tim dengan daya gedor terhebat di Italia akan menjamu klub paling disiplin di Eropa, Juventus. Siapa unggul di San Paolo?


OLEH    YUDHA DANUJATMIKA     Ikuti di twitter


Laga kolosal akan digelar di San Paolo, Senin (3/4) dini hari WIB. Napoli yang punya daya gedor tersadis di Serie A akan menjamu Juventus, tim paling tertata rapi di Eropa. Hasil akhir pertandingan ini tentu memengaruhi jalannya persaingan Scudetto.

Napoli merupakan salah satu pesaing terdekat Juventus di klasemen sementara. Mengantongi 63 poin, Partenopei hanya tertinggal sepuluh poin dan dua peringkat dari BIanconeri. Tiga poin yang diraih di San Palo tak hanya mengangkat derajat, tetapi juga menghambat langkah Juve.

SIMAK JUGA – Jelang Laga Napoli, Higuain Dikawal Ketat

Maurizio Sarri juga punya sederet alasan untuk optimistis jelang laga ini. Pertama, rekor kandang Napoli lawan Juventus cukup bagus. Mereka hanya kalah sekali dalam sembilan pertandingan terkini. Kedua, Lorenzo Insigne dkk sedang panas setelah meraih dua kemenangan beruntun di Serie A – 3-0 kontra Crotone dan 3-2 atas Empoli.

Walau tersingkir dari Liga Champions karena kalah lawan Real Madrid, Napoli tetap ditakuti di kancah domestik. Mereka sudah mencetak 68 gol dalam 29 laga Serie A, unggul sembilan gol dari Juventus. Hal ini pastinya akan jadi pertimbangan Massimiliano Allegri untuk meramu taktik.

Gonzalo Higuain Juventus Napoli Coppa Italia

Allegri sendiri menekankan pentingnya laga di San Paolo besok Senin. Daripada sekadar mengandalkan racikan taktik, ternyata sang pelatih berharap lebih dari para pemainnya. Ia berharap Gianluigi Buffon dkk mampu menunjukkan kekuatan mental di atas rata-rata.

“Besok adalah pertandingan penting antara peringkat pertama dan ketiga. Kami butuh kekuatan hebat dari dalam dan di atas segalanya aspek psikologis sangatlah fundamental. Kami harus tetap tenang, senang, dan fokus,” pungkasnya.

GOALPEDIA: Sejarah Evolusi Formasi di Sepakbola

Dalam laga ini, Higuain diyakini bakal mendapat sorotan lebih. Publik Napoli mengecamnya sebagai pengkhianat dan sambutan negatif berpotensi menghujaninya. Adapun momen ini bisa jadi pembuktian striker Argentina tersebut.

Layak disimak bagaimana trisula mungil Napoli berusaha mengoyak rapatnya pertahanan Juventus. Pada laga sebelumnya di Turin, Partenopei kesulitan menembus koordinasi Leonardo Bonucci dkk. Juve sangat andal meredam serangan dari tengah, tapi jika Napoli menyerang lewat sayap, takkan ada yang mampu mengungguli Juve dalam duel udara.

PERKIRAAN FORMASI

Napoli (4-3-3): Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Allan, Diawara, Hamsik; Callejon, Mertens, Insigne

Juventus (4-2-3-1): Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Sandro; Khedira, Pjanic; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Napoli 1-1 Juventus

TAHUKAH ANDA?

  • Napoli hanya menang sekali dalam enam laga terakhir Serie A melawan Juventus di putaran kedua musim: dua hasil imbang dan dua kekalahan.
  • Napoli hanya kalah sekali dalam sembilan laga kandang terkini kontra Juventus (M6, S2), mencetak rata-rata 2,2 gol per laga.
  • Sebelum musim ini, Napoli tak pernah mencetak 68 gol dalam 29 laga Serie A.
  • Hanya Bayern (13) yang kebobolan lebih sedikit dari Juventus (19) di lima liga top Eropa musim ini.
  • Terakhir kalinya Napoli menang dua laga kandang beruntun adalah pada dua laga pertama di 2017.
  • Juventus tak terkalahkan dalam lima laga tandang terkini (M4, S1) untuk pertama kalinya dalam Serie A musim ini.
  • Napoli adalah satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang punya tiga pemain dengan koleksi 10+ gol musim ini (Mertens, Insigne, Hamsik).