PREVIEW Serie A Italia: Atalanta – Juventus

Duel berat menanti Juventus di Atleti Azzurri d’Italia untuk hadapi Kuda Hitam Serie A Italia musim ini, Atalanta.


OLEH    AHMAD REZA HIKMATYAR       Ikuti @rezahikmatyar di twitter


Duel berat bakal dilakoni Juventus dalam lawatannya ke Atleti Azzurri d’Italia untuk hadapi Atalanta, pada giornata ke-34 Serie A Italia, Sabtu (29/4) dini hari WIB.

Bukan tanpa alasan, karena Atalanta merupakan kejutan terbesar musim ini. Dengan skuat yang dijejali banyak pemain muda tak berpengalaman, siapa sangka mereka awet duduk di lima besar klasemen Serie A.

Sempat kolaps kala dibantai Inter 7-1, Atalanta kembali ke trek gemilangnya di lima giornata terakhir. Tiga kemenangan berhasil diraih tanpa pernah kalah, plus rerata gelontorkan 2,6 gol per partai.

Keuntungan juga menyertai Atalanta karena bakal menghadapi Juve di kandang. Total 11 dari 19 kemenangan yang mereka raih di Serie A musim ini, dilakukan saat mentasi di Atleti Azzurri d’Italia.

Lini belakang Atalanta bakal krusial di laga berat ini. Bukan sekadar membendung segala serangan Juve, tapi juga sebagai amunisi untuk bobol jala sang lawan. Fakta memaparkan La Dea memiliki pertahanan tersubur di Serie A musim ini, lewat torehan 16 gol.

Sang bek muda andalan yang statusnya sudah dimiliki Juve, Mattia Caldara, diprediksi jadi sosok kunci partai ini. Tak hanya elegan ketika bertahan, pemain 22 tahun itu begitu tajam musim ini dengan sudah cetak tujuh gol. Di antara lima liga top Eropa musim ini, koleksi itu hanya kalah dari kapten Real Madrid, Sergio Ramos, yang sudah lesatkan 11 gol.

Caldara bisa jadi sosok kunci untuk jegal klub pemiliknya

SIMAK JUGA: Jadwal Televisi Laga Atalanta Kontra Juventus

Sementara Juve tetap diwajibkan petik tiga poin di partai ini. Artinya krusial, karena selain bisa semakin mendekatakn diri dengan raihan Scudetto keenam beruntun juga akan jadi persiapan bagus jelang hadapi AS Monaco di semi-final Liga Champions.

Tak heran bila sang pelatih, Massimiliano Allegri, mengkonfirmasi akan menurunkan seluruh penggawa terbaiknya dalam formasi 4-2-3-1 tanpa lakukan rotasi. Juru taktik berusia 49 tahun itu pun mewanti-wanti anak asuhnya untuk tak sekalipun meremehkan Atalanta.

“Besok adalah pertandingan yang harus kami menangi, karena Roma masih bisa mengejar kami. Bermain di Bergamo selalu sulit, bagi mereka ini selangkah lebih dekat ke Eropa dan buat kami ini selangkah lebih dekat dengan Scudetto,” terang Allegri, seperti dikutip Goal Italia.

Rekor bagus menyertai Juve jelang lawatannya ke Bergamo. Si Nyonya Tua tercatat  menyapu bersih sembilan kunjungan terakhirnya dengan kemenangan. Selain itu dalam 24 pertemuan terakhir, mereka juga hanya berikan Atalanta dua poin.

Duel bakal berlangsung ketat, dengan Atalanta yang tak bakal sungkan melancarkan serangan. Meski begitu Juve tetap layak diunggulkan curi tiga poin di Atleti Azzurri d’Italia. 

Prakiraan Formasi:

Atalanta (3-4-2-1): Berisha; Masiello, Caldara, Toloi; Conti, Freuler, Kessie, Spinazzola; Kurtic, Gomez; Petagna.

Juventus (4-2-3-1):  Buffon; Dani Alves, Bonucci, Chiellini, Sandro; Khedira, Pjanic; Cuadrado, Dybala, Mandzukic; Higuain.

Prediksi Goal Indonesia:  Atalanta 1-2 Juventus

TAHUKAH ANDA

  • Dalam 13 bentrok terakhir hadapi Atalanta, Juve sukses menyapu bersih dengan kemenangan. Mereka mencetak minimal dua gol dalam 11 dari 13 pertemuan tersebut.
  • Kemenangan Atalanta atas Juve terjadi pada 2001 silam. Sejak saat itu mereka hanya raih dua poin dari 24 pertemuan selanjutnya.
  • Juve memenangkan sembilan laga tandang terakhirnya di markas Atalanta. Mereka bahkan cuma kebobolan sebiji gol, dalam lima duel tandang terakhir di Atleti Azzurro d’Italia.
  • Musim ini Atalanta sukses mengoleksi 19 kemenangan di Serie A. Jumlah itu jadi yang terbanyak sepanjang partisipasi klub di kompetisi sepakbola tertinggi Italia tersebut.
  • Atalanta (16) dan Juve (12), merupakan dua tim dengan pertahanan tersubur di Serie A musim ini.