PREVIEW Liga Primer Inggris: Sunderland – Manchester United

Tiga poin diupayakan Setan Merah untuk pertandingan nanti demi menjaga asa finis di posisi empat besar pada akhir musim.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Manchester United akan melanjutkan perjuangannya memburu empat besar Liga Primer Inggris dengan melawat ke markas Sunderland di Stadium of Light, Minggu (9/4) malam WIB mendatang.

Sebelumnya pasukan Jose Mourinho kehilangan empat poin dari dua laga kandang terakhirnya, itu setelah ditahan imbang West Bromwich Albion dan Everton, yang kemudian membuat mereka melorot ke urutan enam.

Sementara itu, Sunderland, yang memiliki rekor buruk melawan United, untuk saat ini terpuruk di dasar klasemen dengan koleksi 20 poin, selagi mereka menelan 10 kekalahan dalam 15 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi.

Mengenai laga nanti, manajer United Mourinho meminta pasukannya untuk tampil lebih efektif di depan gawang. Ia mengatakan: “Kami harus mencetak gol demi memenangkan pertandingan. Kami tidak mencetak cukup banyak gol, sesederhana itu,” ujarnya seusai timnya diimbangi Everton pada pertengahan pekan.

“Masalahnya adalah, berapa banyak gol yang dicetak [Marcus] Rashford, [Jesse] Lingard, [Henrikh] Mkhitaryan, [Ander] Herrera, [Paul] Pogba? Berapa banyak gol yang dicetak pemain depan tersebut? Tidak cukup.”

SIMAK JUGA – Bryan Robson: Paul Pogba Kapten Masa Depan Manchester United

Sementara itu, manajer Sunderland David Moyes, yang juga pernah menanagani United, bertekad membidik kemenangan untuk pertandingan nanti demi menjaga timnya tetap di Liga Primer.

Moyes mengatakan: “Yang harus kami lakukan adalah menang melawan Manchester United – atau melawan Arsenal atau Chelsea – di sisa pertandingan kami. Jadi kami sekarang harus memenangkan salah satu pertandingan tersebut.

“Berikutnya adalah Manchester United, jadi kita lihat nanti apakah kami bisa memenangkan yang satu itu.”

Untuk partai nanti, United tidak akan diperkuat oleh Ashley Young (knock), Wayne Rooney (engkel), Juan Mata (kunci paha), Chris Smalling (lutut), Phil Jones (jempol kaki) dan James Wilson (ACL).

Dari kubu tuan rumah, Sunderland kehilangan Jan Kirchhoff (tempurung lutut), Steven Pienaar (otot betis) dan Duncan Watmore serta Paddy McNair (keduanya ACL).

Prakiraan Pemain

Sunderland: Pickford; Jones, Kone, Denayer, Oviedo; Ndong, Gibson, Rodwell; Borini, Defoe, Anichebe.

Manchester United: De Gea; Valencia, Bailly, Rojo, Blind; Pogba, Herrera; Lingard, Mkhitaryan, Martial; Ibrahimovic.

TAHUKAH ANDA?

Sunderland kalah 22 kali melawan Manchester United di Liga Primer – kekalahan terbanyak yang mereka terima dari sebuah tim di EPL (setara dengan Chelsea, 22).

United gagal menang di tiga lawatan terakhirnya di Stadium of Light di semua kompetisi (I1 K2), setelah sebelumnya tidak terkalahkan di 11 pertandingan di sana.

David Moyes akan menjadi manajer kelima Sunderland yang menjamu United dalam lima musim terakhir (Martin O’Neill, Kevin Ball sebagai caretaker, Gus Poyet dan Sam Allardyce).

Jermain Defoe gagal mencetak gol di enam penampilan terakhirnya di Liga Primer melawan United, sejak terakhir kali menjebol gawang Setan Merah untuk Spurs pada Maret 2012.

Sunderland tidak lagi menang di kandang dalam enam laga terakhirnya di Liga Primer, dengan mereka gagal mencetak gol di empat pertandingan tersebut.

Pada 1985, Sunderland gagal mencetak gol dalam lima laga kandangnya di liga secara beruntun, dan di saat itu mereka akhirnya terdegradasi.

United menang enam kali dan tidak pernah kalah dalam delapan pertandingan tandang terakhirnya di Liga Primer; catatan terbaik mereka sejak Agustus 2013 (13 laga).

United mencetak tiga gol di masing-masing dari dua laga tandang terakhirnya di Liga Primer; terakhir kali mereka mencetak tiga gol atau lebih di tiga pertandingan beruntun terjadi pada November 2012.

Zlatan Ibrahimovic mengemas delapan gol dari tujuh penampilan tandang terakhirnya di Liga Primer untuk United.

Delapan dari 14 gol Sunderland di Liga Primer di Stadium of Light musim ini dicetak oleh Jermain Defoe (57 persen).

United untuk sementara tidak terkalahkan dalam 20 laga terakhirnya di Liga Primer (M10 I10 K0). Dari 16 tim yang pernah menjalani 20 laga tidak terkalahkan di Liga Primer, catatan United ini merupakan yang terburuk dari segi poin per laga (2,0) dan rasio kemenangan (50 persen).