PREVIEW Liga Primer Inggris: Middlesbrough – Arsenal

Laga Middlesbrough bisa jadi momentum bagus buat Arsenal untuk memulihkan kondisi mereka yang tercecer dalam mengejar posisi empat besar.


OLEH   ANUGERAH PAMUJI     Ikuti di twitter


 

Tak dimungkiri, Arsenal berada dalam momen yang supersulit untuk mewujudkan lulus di posisi empat besar musim ini. Tak tanggung-tanggung, dari potensi 24 poin yang bisa direngkuh sejak Januari, The Gunners hanya mampu mendulang sembilan angka.

Kendati demikian, manajer Middlesbrough Steve Agnew memahami betul, Arsenal tetaplah tim dengan kualias di atas rata-rata pemainnya. Dalam pandangannya, klub London Utara akan menghadirkan kesulitan bagi timnya di Riverside Stadium.

“Tentu saja, Arsenal memang berada dalam periode yang sulit, terutama saat main tandang. Namun, mereka memiliki pemain-pemain dengan kualitas top, jadi kami tak ragu, laga ini akan benar-benar sulit,” ungkap Agnew.

“Ini adalah tantangan karena mereka dipenuhi pemain top. Arsene Wenger, dalam pandangannya saya, adalah salah satu pelatih paling bertalenta yang ada selama beberapa tahun terakhir.”

SIMAK JUGA: Wenger: Momen Buruk Adalah Biasa

Arsenal memang selalu mampu mencetak gol setiap kali bermain di markas Boro, setidaknya dalam 13 perjumpaan terakhir. Tapi, tuan rumah tak terkalahkan dalam empat laga kandang terakhir kontra Meriam London.

Belum lagi, Arsenal baru saja menelan hasil memilukan saat bertandng ke Selhurst Park, markas Crystal Palace, yakni kalah telak, 3-0. Prospek kelolosan The Gunners ke Liga Champions musim depan menjadi semakin diragukan. Namun Wenger berusaha untuk mengajak seluruh pihak yang mendukung Arsenal untuk menanam optimisme tinggi.

“Kami mungkin bisa meraihnya atau juga tidak [soal posisi empat besar]. Akan tetapi, satu-satunya hal yang harus kita miliki adalah yakin, kami bisa mewujudkannya. Itulah fokus kami saat ini,” tukas Wenger.

“Bukan soal takut gagal. Ini adalah ambisi untuk mewujudkannya dan hanya itu satu-satunya kesempatan untuk kami meraihnya.”

Middlesbrough akan kembali diperkuat kapten George Friend setelah mengalami cedera betis. Gaston Ramirez juga tersedia usai melewati cedera engkel. Satu-satunya pemain yang absen bagi Boro adalah Calum Chambers, yang tidak memenuhi syarat untuk beduel dengan klub induknya ini.

Sementara di kubu Arsenal, kapten Laurent Koscielny bisa kembali ke skuat setelah dipinggirkan dalam dua laga terakhir karena permasalah Achilles. Petr Cech juga sudah pulih dari cedera betis, ada pun Lucas Perez an David Ospina masih bakal absen.

Di perjumpaan paruh pertama musim ini di Emirates Stadium, Oktober silam, Arsenal dan Middlesbrough menuntaskannya dengan bermain seri tanpa gol.

Prakiraan formasi

Middlesbrough [4-2-3-1]: Valdes; Barragan, Bernardo, Gibson, Friend; Roon, Clayton; Traore, Ramirez, Downing; Gestede

Arsenal [4-2-3-1]: Cech; Bellerin, Mustafi, Koscielny, Monreal; Ramsey, Xhaka; Chamberlain, Ozil, Alexis; Giroud

Prediksi Goal Indonesia: Middlesbrough 0-3 Arsenal

Data & Fakta

  • Middlesbrough tak pernah memenangkan satu pun laga Liga Primer Inggris di tahun 2017, 14 laga berakhir enam seri dan delapan kekalahan.
  • Boro menjadi tim dengan penyerangan paling buruk di EPL, mencetak hanya 22 gol dalam 31 pertandingan.
  • Menghadapi Arsene Wenger merupakan laga kelima Steve Agnew di Liga Primer sebagai pelatih kepala. Sementara Wenger akan menjalani laga ke-783.
  • Arsenal hanya memenangkan dua dari delapan pertandingan EPL terakhir, lima di antaranya berakhir kekalahan.
  • The Gunners terancam menelan lima kekalahan beruntun di kasta teratas untuk pertama kalinya sejak Desember 1984.