PREVIEW Liga Primer Inggris: Manchester United – Chelsea

Kurang dari 72 jam Manchester United akan kembali bertanding, dengan kali ini menghadapi Chelsea yang di musim ini mengalahkan mereka dua kali.


OLEH    ADHE MAKAYASA     Ikuti di twitter


Akhir musim akan terasa berat untuk Manchester United. Dalam tempo sebulan ke depan, mereka akan dihadapkan sejumlah laga ‘final’ dan perjuangan mereka menembus empat besar Liga Primer Inggris dimulai dengan menjamu Chelsea di Old Trafford, Minggu (16/4) malam WIB mendatang.

United memiliki rekor pertemuan yang buruk melawan The Blues. Dari delapan bentrokan terakhirnya di liga, tim Setan Merah tidak sekali pun mencatatkan kemenangan dan kalah empat kali selagi empat sisanya berakhir imbang.

Chelsea sendiri mampu mengukir kemenangan 4-0 di bawah arahan Antonio Conte di pertemuan pertama musim ini di liga, dan ia mengincar pencapaian Carlo Ancelotti yang pada musim 2009/10 lalu juga pernah membawa klub London itu mengalahkan United dua kali, baik di kandang dan tandang,

Meski begitu, Marcos Alonso yang mewakili Chelsea menilai duel melawan United nanti akan terasa berbeda dibanding pertemuan sebelumnya. Kepada Evening Standard, ia mengatakan: “Ini akan lebih sulit. Mereka adalah salah satu tim terbaik di Inggris, tidak diragukan lagi.

SIMAK JUGA: Anderlecht Paksa United Bermain Imbang

“Ini akan menjadi pertarungan yang sangat berat, itu setelah mereka kalah dua kali melawan kita.

“Mereka akan mengerahkan hal yang lebih untuk mencoba dan mengalahkan kami. Kami harus melakukan hal serupa atau lebih baik sebelum mengklaim kemenangan lainnya.”

United menjelang pertandingan ini kurang dari 72 jam setelah melawat ke markas Anderlecht di Belgia. Terlepas kelelahan yang mungkin mendera kubu lawan, Alonso percaya pasukan Jose Mourinho tetap bisa mengerahkan yang terbaik.

“Mereka punya skuat yang besar, banyak pemain bagus. Akan sulit untuk mengalahkan mereka. Tak peduli dengan fakta bahwa mereka tampil di Liga Europa tiga hari sebelum bertemu kami. Kami pun harus bersiap.”

Untuk pertandingan nanti, United masih belum bisa menurunkan Ashley Young (knock), Juan Mata (kunci paha), Chris Smalling (lutut), Phil Jones (jempol kaki) dan James Wilson (ACL), selagi David de Gea (panggul) dan Wayne Rooney (engkel) memiliki peluang untuk turun.

Dari kubu tamu, Chelsea pimpinan Antonio Conte memiliki skuat lengkap tanpa terkendala cedera maupun hukuman akumulasi kartu.

Prakiraan Pemain

Manchester United: De Gea; Valencia, Bailly, Rojo, Blind; Fellaini, Herrera; Mkhitaryan, Pogba, Martial; Ibrahimovic.

Chelsea: Courtois; Azpilicueta, Luiz, Cahill; Moses, Matic, Kante, Alonso; Willian, Costa, Hazard.

TAHUKAH ANDA?

Manchester United tanpa kemenangan dari delapan pertemuannya dengan Chelsea di Liga Primer (I4 K4); catatan terburuk mereka melawan sebuah tim di kompetisi ini.

Sementara Chelsea mengincar dobel kemenangan atas United untuk kali pertama di liga sejak diasuh Carlo Ancelotti pada 2009/10.

Kemenangan tandang untuk Chelsea akan membuat Antonio Conte menjadi bos The Blues keempat yang mencatatkan dobel kemenangan atas United, menyusul Glenn Hoddle 1993/94, Jose Mourinho 2004/05 dan Ancelotti 2009/10.

Mourinho kalah dua kali melawan mantan klubnya itu sejak mengambil alih United, kebobolan lima gol dan gagal mencetak gol di duda pertemuan tersebut. Ini akan menjadi kesempatan pertama baginya melawan Chelsea di kandang sendiri.

United hanya mencetak tiga gol melawan Chelsea dalam 10 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi (rata-rata 0,3 per laga).

N’Golo Kante selalu mencetak gol dalam dua dua pertemuan terakhirnya melawan United di semua kompetisi.

Rekor tak terkalahkan United di Liga Primer kini berada di angka 21 pertandingan (M11 I10 K0) – terbaik kesepuluh dalam sejarah di liga.

Zlatan Ibrahimovic terlibat dalam terciptanya 18 gol dalam 17 penampilan terakhirnya di Liga Primer (13 gol, 5 assists) untuk United.

United hanya mampu memenangkan enam kemenangan dari 16 laga kandang terakhirnya di liga musim ini (37,5%), catatan kandang terburuk mereka sejak 1973/74 (33,3%).