PREVIEW Liga Primer Inggris: Manchester City – Manchester United

Derby Manchester edisi ke-174 akan menjadi krusial bagi masing-masing kubu yang bertekad mengamankan posisi empat besar Liga Primer di akhir musim.


OLEH    ERIC NOVEANTO      Ikuti di twitter


Manchester City dan Manchester United akan saling berhadapan untuk pertama kalinya dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris yang berlangsung di luar akhir pekan, tepatnya pada Jumat (28/4) dini hari di Etihad Stadium.

Terakhir kali keduanya saling berduel di luar akhir pekan terjadi pada November 1994 silam. Atmosfer ketat bakal mewarnai jalannya pertandingan kali ini dengan kedua tim yang sama-sama mengincar tiket menuju Liga Champions musim depan hanya memiliki selisih satu poin, dengan The Citizens unggul di posisi keempat atas Red Devils.

Catatan sama kuat dimiliki kedua tim dalam lima pertemuan terakhir, dengan City dan United masing-masing menggengam sepasang kemenangan. Satu-satunya hasil imbang terjadi tanpa gol pada pertemuan musim 2010/11 lalu di Old Trafford.

Sementara musim ini, pasukan Pep Guardiola dan Jose Mourinho sudah pernah bertemu di dua ajang berbeda. City terlebih dahulu memetik kemenangan dalam pertemuan pertama musim ini dengan skor 2-1 di Old Trafford pada September lalu, yang kemudian dibalas United dengan menyingkirkan rival mereka dari ajang Piala Liga lewat keunggulan 1-0 sebulan berselang.

Pep Guardiola Jose Mourinho Manchester City Manchester United

Fokus City kini hanya tinggal Liga Primer, sebagaimana mereka telah dipastikan tersingkir dari Liga Champions dan semi-final Piala FA. David Silva, Sergio Aguero dan Fernandinho bisa tampil setelah mengalami cedera kecil saat kalah 2-1 dari Arsenal pekan kemarin. Kabar baik lainnya adalah kembalinya Gabriel Jesus, meski di laga ini kemungkinan besar akan dimulainya dari bangku cadangan.

Sementara itu, United menatap laga ini dengan bekal positif lantaran belum pernah terkalahkan di semua kompetisi sejak didepak Chelsea dari pentas Piala FA pada pertengahan Maret lalu. Dua partai terakhir dilahap pasukan Mourinho dengan mengalahkan Burnley 2-0 serta memastikan lolos ke semi-final Liga Europa berkat kemenangan 2-1 atas Anderlecht di leg kedua perempat-final.

Kendala besar yang saat ini tengah dihadapi United adalah badai cedera. Paul Pogba dipastikan menjadi pemain terkini yang absen di Derby Manchester setelah sebelumnya dua nama andalan, Zlatan Ibrahimovic dan Marcos Rojo terlebih dahulu menepi. Peran sebagai ujung tombak akan dijalani kapten tim, Wayne Rooney yang sukses mencetak gol ke gawang Burnley pekan lalu.

 

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN:

Manchester City (4-1-4-1): Bravo; Zabaleta, Stones, Kompany, Kolarov; Fernandinho; Sane, David Silva, De Bruyne, Sterling; Aguero.

Manchester United (4-3-3): De Gea; Valencia, Bailly, Blind, Shaw; Herrera, Fellaini, Carrick; Mkhitaryan, Rashford, Lingard.

 

TAHUKAH ANDA?

  • Mourinho baru mengalahkan Guardiola satu kali dalam lima pertemuan terakhir di liga domestik (D3, K1) sejak terkahir membawa Real Madrid menang 2-1 atas Barcelona pada April 2012 lalu.
  • City baru sekali menelan kekalahan dalam 18 laga kandang terakhir di Liga Primer, selepas kalah dalam duel Derby Manchester di Etihad Stadium pada Maret tahun kemarin.
  • Aguero memiliki koleksi delapan gol dari total sepuluh pertemuan lawan United, namun gagal mencatatkan namanya di papan skor dalam dua pertemuan terakhir.
  • Jika terhindar dari kekalahan dalam Derby Manchester pekan ini, United bisa menyamai rekor 24 laga tak terkalahkan mereka dalam satu musim kampanye kasta tertinggi seperti yang dibukukan pada musim 2010/11.
  • Rekor gol dalam laga Derby Manchester masih dipegang Rooney dengan torehan 11 kali, tapi dalam lima laga terakhir kapten United itu tak mampu berbuat banyak.

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Manchester City 1-1 Manchester United