PREVIEW Liga Primer Inggris: Everton – Chelsea

Rekor kandang apik Everton membuat Chelsea sangat berpotensi terjungkal di Goodison Park.


OLEH    SANDY MARIATNA     Ikuti di twitter


Favorit juara Liga Primer Inggris Chelsea boleh saja mampu menghancurkan Everton 5-0 dalam pertemuan pertama di musim ini pada November lalu. Namun pertemuan kedua di Goodison Park, Minggu (30/3) malam WIB, dipastikan akan menghadirkan skenario yang berbeda.

Hal itu tidak lepas dari performa impresif Everton selepas pergantian tahun. The Toffees tercatat hanya kalah dua kali dari 17 partai liga terakhir dan mereka tengah dalam catatan delapan kemenangan kandang beruntun dengan rataan 3,6 gol per laga!

Performa kandang impresif Everton tersebut tentu saja menjadi alarm bahaya bagi Chelsea. Selain itu, rekor Chelsea di Goodison Park juga terbilang buruk. Eden Hazard dkk. takluk tiga kali dalam empat kunjungan terakhir ke markas tim Merseyside Biru itu. Manajer Everton Ronald Koeman pun yakin timnya bisa mengecewakan sang pemuncak klasemen.

SIMAK JUGA: Chelsea & Spurs, Dua Kuda Pacu Menuju Garis Finis

“Hanya ada satu laga di mana kami tidak punya peluang untuk meraih poin, yakni laga tandang kontra Chelsea. Tapi, kini kami telah berkembang dan semakin baik di segala aspek. Persaingan juara belum berakhir, mungkin laga ini bisa menentukan klasemen akhir,” kata Koeman dalam jumpa pers

Bukan cuma performa tim yang semakin baik, Everton juga memiliki senjata mematikan dalam diri Romelu Lukaku, sang topskor sementara liga (24 gol). Lukaku bahkan selalu mencetak gol dalam sembilan partai kandang terakhir sehingga bisa menjadi ancaman nomor satu bagi eks klubnya.

Terlebih, Chelsea gagal melakukan clean sheet dalam 11 partai liga terakhir sehingga gawang Thibaut Courtois bisa menjadi sasaran empuk buat striker Belgia itu. Manajer The Blues Antonio Conte berharap anak asuhnya bisa mengawasi Lukaku dengan saksama.

Zlatan Ibrahimovic, Romelu Lukaku & Topskor Sementara Liga Primer Inggris 2016/17Lukaku berpotensi membuat Chelsea terpeleset.

“Dia adalah pemain yang sangat bagus, mampu mencetak banyak gol. Kami harus betul-betul memperhatikannya. Kami akan mempelajari lawan dan mencoba mencari solusi terbaik untuk menghentikannya,” kata Conte.

Conte dipastikan tidak akan dipusingkan dengan cedera atau absensi karena seluruh pemain Chelsea fit untuk diturunkan. Diego Costa juga sedang dalam motivasi tinggi setelah mengemas brace saat melibas Southampton 4-2 yang mengakhiri dahaga golnya dalam delapan laga sebelumnya.

Kontras dengan Chelsea, Everton bakal kehilangan enam pemain di partai ini akibat cedera, di antaranya adalah James McCarthy, Seamus Coleman, dan Ramiro Funes Mori. Bermaterikan skuat terbaik, Chelsea berpotensi mendulang poin penuh untuk kian dekat dengan gelar juara liga.

Kemenangan atas Everton juga akan memberikan tekanan hebat kepada rival terdekat mereka, Tottenham Hotspur, yang akan melakoni laga sengit kontra Arsenal beberapa jam sesudah partai Everton-Chelsea ini.

 

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Everton (4-3-3): Robles; Holgate, Williams, Jagielka, Baines; Barru, Schneiderlin, Gueye; Barkley, Lukaku, Mirallas.

Chelsea (3-4-3): Courtois; Azpilicueta, Luiz, Ake; Moses, Kante, Fabregas, Alonso; Willian, Costa, Hazard.

 

TAHUKAH ANDA?

  • Everton memenangi lima dari tujuh partai EPL terakhir melawan Chelsea di Goodison Park (M5 S0 K2).
  • Everton (80 gol) menjadi tim nomor dua yang paling sering dijebol Chelsea di sepanjang sejarah Liga Primer setelah Tottenham Hotspur (92).
  • Diego Costa mampu mencetak empat gol dan dua assist dalam empat partai EPL terakhir melawan Everton. Sementara Cesc Fabregas membukukan empat gold an empat assist dalam tujuh laga terakhir kontra Everton.
  • Costa kini telah mengemas 19 gol EPL di musim ini. Tanpa gol-gol Costa, Chelsea akan minus 15 poin dari yang mereka raih saat ini.
  • Romelu Lukaku gagal mencetak gol dalam lima partai EPL terakhir melawan eks klubnya Chelsea. Padahal, Lukaku sudah mampu menjebol 23 dari 29 tim yang pernah dihadapinya di EPL.
  • Lukaku selalu mencetak gol dalam sembilan partai kandang terakhir di 2017, dengan 14 gol. Ia hanya kalah dari legenda The Toffees Dixie Dean, yang mampu mencetak gol dalam 12 partai kandang secara beruntun (Oktober 1930 – Februari 1931).

 

PREDIKSI GOAL INDONESIA: Everton 2-2 Chelsea